Kamis, 15 September 2016

Beruk Monyet Berekor Seperti Babi



Ditulis Oleh Suryadi.
 
beruk
Foto Beruk
Beruk adalah monyet  dan memiliki nama latin Macaca Nemestrina, namun sedikit berbeda dengan monyet kebanyakan. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada bagian ekornya yang menyerupai ekor babi sehingga dalam bahasa Inggris disebut dengan Southern pig tailed, beruk berekor babi.
Silahkan baca terus artikel ini karena ada beberapa fakta unik tentang beruk berekor seperti babi ini:

Beruk saat ini berada dalam situasi yang memprihatinkan, bahkan IUCN telah menyatakan status Critically Endangered kepada monyet ini. Maka atas alasan itulah kita memiliki tanggung jawab untuk melestarikan mereka supaya anak cucu kita bisa melihat monyet yang unik ini. Gerakan untuk melestarikan beruk telah digalakkan diberbagai negara termasuk Indonesia yang merupakan salah satu tempat tinggal monyet ini.

Beruk dapat makan apa saja baik tumbuhan ataupun daging, oleh karena itu ia dimasukkan kedalam kelompok omnivora.  Tapi mereka juga mempunyai makanan kesukaan, dan makanan kesukaan mereka adalah buah-buahan. Jika musim buah telah lewat mereka biasanya akan mengonsumsi biji-bijian, namun bila biji-bijian ini tidak mencukupi untuk kebutuhan hariannya maka mereka akan berburu cacing, kaki seribu dan hewan invertebrata lainnya dengan begitu  maka konsumsi beruk akan terpenuhi  

Beruk berhabitat diwilayah tropis misalnya saja Indonesia yang memiliki banyak hutan menjadi rumah idaman bagi mereka. Beberapa pulau yang mereka tinggali antara lain Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Negara tetangga kita seperti Malaysia memiliki hutan yang juga dihuni oleh beruk, sedangkan untuk Negara Thailand monyet ini tinggal di dalam perkebunan dan juga ladang-ladang masyarakat.

Sama seperti primata lainnya beruk juga senang berkelompok untuk menjaga satu sama lain. Dalam kelompok tersebut terdapat pemimpin yang dijabat oleh pejantan yang paling kuat dan semua anggota kelompok menghormatinya sebagai pemimpin mereka. Ada yang unik dari kelompok ini karena ada pemimpin didalam pemimpin, maksudnya dibawah pemimpin jantan yang mengetuai seluruh kelompok ada  seekor betina yang mengetuai dan mengatur betina lainnya. Bila pemimpin kelompok dipilih dari hasil pertarungan yang sengit dan yang menang yang menjadi pemimpin, sedikit berbeda dengan beruk betina pemilihan pemimpin betina  dilakukan berdasarkan jumlah anak yang dimiliki.

Selain tenaga yang paling kuat untuk menjadi peminpin beruk juga harus memiliki suara yang sangat keras sehingga dapat didengar oleh setiap anggota. Suara keras ini biasanya dilakukan pemimpin bila terjadi pertengkaran dalam kelompok dan untuk mendamaikan pihak yang bertikai. Suara keras ini juga berfungsi sebagai alaram untuk memberitahu bahwa ada bahaya yang datang mendekat. Intonasi suara yang dikeluarkan memang tidak selalu tinggi, ada kalanya suara yang dikeluarkan bertujuan untuk memberitahu kawanannya untuk mencari tempat lainnya untuk mencari cadangan makanan lainnya. Pemimpin beruk biasanya akan berjalan paling depan untuk menunjukkan arah yang akan dituju.

Sama seperti monyet kebanyakan yang senang memanjat diatas pohon dan bersantai disana, beruk juga senang bercanda di atas tanah yang banyak rumputnya, bermain bersama kawanan adalah hal yang menyenangkan. Beberapa sarang bahkan membuat sarang diatas pohon untuk melindungi anak-anak mereka yang rentang terhadap bahaya. Disaat haus beruk akan mendatangi sungai atau tempat berair lainnya untuk mengambil air minum.

Beruk tidak mempunyai waktu khusus untuk mencari makanan, mereka akan mencari makanan berdasarkan kehendaknya masing-masing, jadi bila lapar mereka akan mencari makanan dengan sendirinya. Tidak peduli siang ataupun malam jika lapar mereka akan berangkat mencari makan. Selain memakan makanan ditempat mereka juga membawa sebagian makanan kerumah, dan biasanya yang melakukan ini adalah induk beruk yang membawakan makanan untuk anaknya.

Kebanyakan beruk jantan memiliki ukuran lebih besar bila dibandingkan dengan betina, hanya monyet jantan muda saja yang ukuran tubuhnya lebih kecil dari betina. Berat pejantan bisa mencapai 15 kg sedangkan betina hanya sekitar 10 kg.

Beruk Mempunyai otot yang kuat dan lentur sehingga cocok untuk memanjat pohon, ditambah jari-jari kakinya yang panjang  mempermudahnya dalam memanjat pohon horizontal sekalipun, hanya saja monyet yang satu ini tidak bisa menggunakan ekornya untuk bergelantung karena memang betuknya yang pendek dan seperti ekor babi.
 
beruk
Gambar Beruk
Setelah berumur 3 tahun beruk akan memulai proses reproduksi untuk pertama kalinya. Setelah melakukan perkawinan betina akan mengandung anaknya didalam perutnya, lamanya proses mengandung kira-kira 6 bulan. Dan sangat jarang sekali bagi betina untuk mengandung anak kembar. Sebelum usia 5 bulan anak monyet ini sangat rentang terhadap bahaya karena belum bisa mandiri, dan selama masa ini induk beruk memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga dan merawat dan memberinya makan. Setelah melahirkan biasanya betina akan melakukan perkawinan lagi dengan selang waktu kira-kira 2 tahun, biasanya proses perkawinan ini terjadi pada awal tahun sampai bulan Mei tergantung pada wilayahnya masing-masing.

Beruk memiliki warna hitam kecoklatan pada bagian punggung, monyet ini  juga mempunyai rumbai  berwarna putih. Sedangkan pada bagian dagu dihiasi dengan warna kuning, warna cerah mendominasi bagian dada dan perutnya. 

Beruk memiliki kemampuan khusus untuk menstabilkan suhu tubuhnya, kemampuan ini sering disebut dengan istilah Homoioterm. Atas dasar kemampuan khusus inilah membuat beruk  kebal terhadap perubahan cuaca bahkan untuk cuaca dingin mereka tetap bisa bertahan, dimana hewan lainnya akan mencari tempat berlindung untuk menghangatkan tubuhnya sedangkan beruk tetap bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Berbagai upaya biasa dilakukan oleh hewan dalam masa kawin untuk mendapatkan pasangan idaman masing-masing, upaya atau tindakan yang dilakukan hewan satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Beruk sendiri juga melakukan upaya tertentu untuk menarik perhatian  betinanya, salah satunya adalah melakukan tari-tarian sambil membuka mulutnya dan memperlihatkan gigi-giginya.

  Bentuk latihan seperti ini juga bisa diterapkan untuk kegiatan lainnya yang lebih sulit seperti  gerakan-gerakan topeng monyet.

Umur beruk tertua yang pernah tercatat adalah 26 tahun, tapi masa hidup ini bisa berkurang bila mereka tinggal didalam hutan  dikarenakan banyaknya resiko cidera dan berbagai bahaya dari predator dan pemburu, ditambah lagi dengan kebutuhan makanan yang terkadang tidak terpenuhi. Persaingan dengan hewan lainnya dalam memperebutkan makanan didalam hutan biasanya meninggalkan luka, luka ini sering menjadi infeksi dan menjadi masalah serius bagi beruk sehingga bisa mengurangi masa hidupnya.

Sama halnya dengan kangguru yang menyimpan anak  di perutnya, beruk juga melakukan hal yang sama untuk melindungi anaknya  dari bahaya, perbedaannya bila kangguru menyimpan anak didalam kantong yang ada di perutnya, sedangkan primata ini hanya meletakkan anaknya pada perutnya sambil sesekali ditahan dengan tangan agar anaknya tidak jatuh.  Bagi mereka sangat berbahaya meninggalkan anak yang masih kecil sendirian didalam sarang, sehingga mereka memilih untuk membawa anaknya kemanapun mereka pergi sehingga keselamatan mereka pun lebih terjamin. Demikianlah artikel singkat tentang beruk monyet berekor seperti babi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.
Kecerdasan yang dimiliki oleh beruk tidak kalah dengan primata lainnya, sehingga dapat kita latih untuk melakukan beberapa kegiatan. Untuk latihan dasar biasanya dilakukan dengan kegiatan sederhana seperti memberikan pisang pada tangan kanannya, lama-kelamaan tangan kanan ini akan menjadi dominan dalam mengambil makanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar