Rabu, 28 September 2016

Mengenal Lebih Dekat Beruang



Ditulis Oleh Suryadi

Beruang masuk dalam keluarga Ursidae, dan keluarga Ursidae masuk kedalam Ordo Carnivora (pemakan daging).  Namun ada juga beberapa jenis beruang  yang memakan madu dan tidak suka memakan daging.

Etimologi Beruang

beruang hitam
Beruang Hitam
Jenis Ursus dikenal sebagai beruang yang buas dan tidak kenal ampun. Hewan ini memiliki bulu yang sangat tebal. Dalam keadaan tertentu bisa berdiri tegak namun tidak dalam waktu yang lama. Dilengkapi dengan kuku yang kuat dan gigi yang tajam untuk mengoyak-ngoyak mangsanya. Oleh orang-orang Inggris beruang dinamakan bear, nama bear yang saat ini banyak dikenal orang sebenarnya berasal dari kata bera yang merupakan bahasa Inggris tempo dulu.
Sedangkan nama latin untuk beruang adalah Ursidae yang berasal dari dua kata penyusun yaitu ursus dan idae, kedua kata tersebut berasal dari Yunani Eidos. Gabungan dari dua kata tersebut membentuk nama beruang dalam bahasa Indonesia.

Bentuk Fisik Beruang

Beruang memiliki pendengaran yang sangat baik, dipadukan dengan penciuman yang tajam. Telinganya berbentuk lingkaran sama seperti ekornya yang terlihat bundar dan pendek. Seluruh badan ditumbuhi oleh bulu yang lebat dan panjang, memiliki lima jari pendek dengan kuku yang sangat tajam. Tangan beruang ini memiliki fungsi yang sangat vital dalam berburu, tangannya yang kuat mampu menangkap mangsa dan kuku tajamnya berguna merobek daging mangsa. Beruang juga cekatan dalam menggali mangsa yang melarikan diri kedalam lubang. Kemampuan melihatnya hampir sebanding dengan mata kita, mereka juga bisa membedakan warna dengan baik.

Mulutnya yang memanjang kedepan merupakan pertahanan yang unggul dalam mempertahankan wilayah kekuasaannya, dilengkapi dengan deretan gigi untuk memakan berbagai jenis makanan. Setiap spesies beruang memiliki jumlah dan susunan gigi yang berbeda-beda, tapi jumlah gigi terbanyak adalah 42 yang menempel pada rahang atas dan rahang bawah. Gigi beruang tidak dirancang untuk membunuh melainkan hanya untuk melukai saja. Hal ini disebabkan karena gigi taring yang tidak terlalu besar, sehingga kurang cocok dalam berburu. Meskipun demikian jangan meremehkan gigitannya karena dapat memberikan kerusakan yang cukup parah.  Gigi bagian belakang mereka  hampir sama seperti kita dan memiliki fungsi untuk menghaluskan makanan sehingga memperlancar proses pencernaan.

Telapak tangan dan telapak kakinya sama-sama memiliki 5 jari dan ditumbuhi 5 kuku tajam yang sangat kuat. Cakar mereka ini memiliki banyak fungsi dan kegunaannya tergantung pada jenisnya masing-masing, ada yang berguna untuk menghancurkan sarang rayap ada juga yang berfungsi membelah sarang lebah ada juga yang berfungsi untuk mencengkram buruan, ada juga yang berfungsi untuk menggali tanah. meskipun beruang memiliki berat badan yang besar namun jangan salah karena hewan ini bisa berlari dengan kecepatan maksimum 50 km per jam, jika kecepatan lari anda kurang dari itu maka jangan berani-berani dekati beruang. Kecepatan larinya ini di imbangi lagi dengan gerakan yang lincah dalam mengejar mangsanya.

Warna bulunya tergantung dari jenis beruangnya tapi yang jelas mereka semua memiliki bulu panjang yang lebat, ada yang berwarna pirang, ada yang berwarna putih hitam, ada juga yang berwarna coklat, untuk beruang kutub biasanya berwarna putih seperti salju. Tidak hanya antar jenis yang memiliki warna yang berbeda, dalam satu jenispun bisa saja warnanya tidak sama. Mari perhatikan warna beruang hitam yang berhabitat di Amerika, bisa saja memiliki perbedaan warna satu sama lain seperti ada yang berwarna coklat kemerahan, ada juga yang memiliki warna coklat kebiruan, padahal mereka sama-sama satu jenis beruang hitam. Untuk beruang madu memiliki warna hiasan yang mencolok dan terletak tepat didadanya.

Ukuran badan beruang jantan biasanya lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran badan betina, tapi dengan syarat masih dalam satu jenis yang sama jika jenisnya berbeda mungkin saja betina lebih besar dari yang jantan. Semakin besar ukuran dari suatu spesies maka perbandingan perbandingan ukuran dari jantan dan betina juga semakin besar. Misalnya saja berat badan beruang kutub betina adalah setengah dari berat badan pejantannya.
 
Pada jenis yang berbeda dengan berat badan yang lebih kecil, berat badan sang jantan hanya sedikit lebih banyak dibandingkan betinanya, bahkan ada yang hampir sama. Beruang yang hidup dipenangkaran biasanya memiliki umur yang lebih panjang kira-kira 40 tahun sedangkan yang hidup dialam liar lebih rentang terhadap perburuan dan penyakit sehingga rata-rata hanya berumur 25 tahun saja.

Waktu Hibernasi Beruang

beruang putih
Foto Beruang Putih
Hibernasi adalah masa dimana beruang tidak melakukan aktifitas apapun, dan sebagian banyak melewati masa ini dengan tidur yang nyenyak. Hibernasi juga dapat ditandai dengan pernapasan yang melambat dan suhu tubuh yang tidak sehangat biasanya. Hibernasi biasanya terjadi pada masa dimana makanan sulit untuk dicari dan biasanya jatuh pada musim dingin. 

Diwaktu inilah beruang berusaha untuk bertahan hidup dengan cara menghemat tenaganya, Berdiam diri sambil membakar sedikit demi sedikit cadangan lemak dan menunggu hingga makanan kembali  berlimpah. Setiap spesies beruang memiliki waktu yang berbeda-beda dalam  menjalani hibernasi ini, ada yang melakukannya dalam hitungan hari ada juga yang menjalaninya dalam hitungan minggu. Demikianlah artikel singkat tentang mengenal lebih dekat beruang, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar