Rabu, 13 Juli 2016

Mengobati Luka Akibat Bulu Babi.



Ditulis Oleh Suryadi

bulu babi
Foto Bulu Babi
Bulu babi hidup dilautan  dan banyak ditemukan dilautan dangkal dan pesisir pantai.  Keberadaan bulu babi bisa menjadi tanda  yang memberitahu kita bagaimana keadaan terumbu karang diwilayah tersebut. Bila suatu perairan dihuni oleh bulu babi maka kemungkinan besar pertumbuhan terumbu karang ditempat tersebut kurang baik.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengobati luka yang diakibatkan oleh duri bulu babi, cara ini berguna sebagai pertolongan pertama supaya tidak terjadi infeksi.  Bagi anda yang senang berwisata di laut maka tidak asing dengan keberadaan dari hewan berbulu ini, dan tidak jarang kita tertusuk durinya yang beracun itu.  Mari kita bahas kenapa kita bisa terkena duri tersebut, kebanyakan dari kita tidak sengaja menginjak dan tersentuh oleh bulu babi, akibat dari sentuhan itu membuat kita merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Duri-duri ini adalah alat bagi bulu babi untuk mempertahankan dirinya dari serangan predator  yang suka memburu mereka seperti bintang laut. Setiap durinya mengandung racun yang akan memberikan rasa sakit dan ngilu bila tertusuk.  Hal yang sama juga berlaku bagi manusia, bila kita secara tidak sengaja tersengat oleh hewan laut ini akan mengakibatkan kram dan rasa yang menyakitkan.

Apa Yang Membuat Kita Bisa Terkena Bulu Babi.

Saat kita bermain dipantai atau mengikuti paket wisata yang didalamnya terdapat acara kepantai, maka kemungkinan anda juga bisa bertemu bulu babi. Ketika liburan bersama keluarga kepantai bisa saja kita akan terkena durinya, mengingat habitat hewan ini berada diperairan dangkal sehingga sangat mungkin kita menemukan mereka dipantai.  Kegiatan menyelam adalah kegiatan  yang menyenangkan tapi saat berada didalam laut kita tidak bisa bergerak sebebas saat berada didarat, ada kalanya kita terbawa arus hingga tidak sengaja terkena bulu babi. 

Bagi masyarakat yang hidup dipesisir  sudah biasa mengolah masakan dari bahan bulu babi, meskipun sudah berhati-hati tetap saja bisa terkena bulu beracun tersebut. Situasi lainnya yang memungkinkan adalah saat kita mencari ikan, bisa saja kita salah tangkap dan terkena durinya.  Itulah beberapa kegiatan yang memungkinkan kita tertusuk duri bulu babi. Setelah tahu apa dan bagaimana kita bisa terluka akibat hewan ini, maka langkah selanjutnya adalah upaya untuk mengobatinya.

Bila kita berada didalam laut dan terkena bulu babi langkah pertama yang harus kita lakukan adalah segera menuju daratan atau segera menaiki kapal karena akan sangat sulit melakukan pengobatan didalam laut. Setelah berada ditempat yang aman maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk mengobati, anda bisa menggunakan batu atau jika tidak ada anda bisa menggunakan tangan anda sendiri dengan cara mengepalkan tangan dan memukul bekas tertusuk oleh bulu babi.
 
Kemudian gunakan batu tersebut untuk memukul bagian yang tertusuk bulu babi tadi, rasanya memang sakit tapi cobalah untuk menahannya sebisa mungkin. Metode ini bertujuan untuk menghancurkan sisa duri yang tertinggal ditubuh kita, sehingga dapat dilanjutkan dengan langkah selanjutnya.  Apabila sudah cukup langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan cairan  amoniak pada bagian yang luka.

Cairan amoniak ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh luka bulu babi tersebut.  Metode ini hanya berlaku untuk pertolongan pertama saja, setelah mencapai daratan ada baiknya anda menuju rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.  Cara ini dianggap praktis karena dapat dilakukan seorang diri tanpa menggunakan peralatan khusus.  Sedikit saran saat berjalan-jalan dipantai sebaiknya tidak bertelanjang kaki melainkan menggunakan alas kaki yang cukup tebal agar terlindung dari bulu babi  ini.

Khasiat Bulu Babi

bulu babi
Gambar Bulu Babi
Indonesia memiliki banyak spesies bulu babi yang tersebar diseluruh NKRI, salah satunya berada di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hewan ini banyak terdapat di sana bahkan dibawah rumah panggung yang berada diatas laut juga banyak ditemukan binatang berduri ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa durinya mengandung racun sehingga harus dihindari.  

Bila dilihat dari bentuk badan bulu babi yang dipenuhi dengan duri, siapa sangka bahwa hewan ini memiliki manfaat bagi tubuh kita. Sama seperti buah durian yang memiliki kulit berduri tajam tapi memiliki rasa buah yang begitu enak meskipun dijual dengan harga mahal tetapi masih banyak orang yang membelinya. Hewan ini juga mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kehidupan kita. Masyarakat disana percaya bahwa hewan berduri ini bisa menyembuhkan penyakit kencing manis, selain penyakit itu bulu babi juga bisa menyembuhkan penyakit lainnya seperti stroke.

Caranya cukup sederhana yaitu dengan cara membuang semua durinya dan hanya mengambil bagian dagingnya saja untuk kemudian diolah menjadi masakan yang kita suka. Jika anda ingin mencoba mengonsumsi hewan ini dengan tujuan untuk mengobati penyakit, maka anda harus mengonsumsinya secara teratur sehingga dapat menberikan hasil yang maksimal. Demikianlah artikel singkat tentang mengobati luka akibat bulu babi, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar