Rabu, 07 September 2016

Betet Burung Berparuh Bengkok



Ditulis Oleh Suryadi
betet
Gambar burung Betet

Paruh bengkok merupakan ciri khas dari burung ini karena hanya sedikit saja burung yang memiliki paruh bengkok, Betet memiliki populasi yang cukup banyak dibagi dalam berbagai jenis yang berbeda.  Burung betet sendiri memiliki sekitar 328 spesies yang berbeda dan mencakup wilayah yang cukup luas bahkan antar Benua.  Indonesia sendiri memiliki sekitar 78 spesies yang dari 328 spesies yang tersebar diseluruh dunia, spesies betet yang ini tersebar diberbagai pulau di Indonesia, pulau-pulau tersebut antara lain meliputi pulau Sulawesi, pulau ujung timur Indonesia pulau Papua, Pulau Halmahera, dan kepulauan Nusa Tenggara.

Nama Latin Burung Betet

burung betet
Gambar Burung Betet

Burung betet memiliki nama latin Psittacula Alexandri yang diambil dari bahasa Yunani. Betet adalah salah satu burung yang terkenal bahkan hingga seluruh dunia, sehingga banyak pecinta burung ini yang rela mengeluarkan uang cukup banyak demi memenuhi kebutuhan hobinya Sebenarnya burung betet berasal dari  lembah gunung Himalaya yang berada di Cina. Dengan berjalannya waktu akhirnya burung ini menyebar kesegala penjuru salah satunya  Indonesia.  Saat ini penyebaran burung betet di Indonesia lumayan merata, sehingga keberadaannya kini bisa dengan mudah ditemukan terutama dikota-kota besar karena ada saja yang menjualnya.  Unggas yang satu ini mempunyai bulu yang sangat indah dan keindahan itu semakin lengkap dengan adanya paruh yang membengkok kebawah.

 Penyebaran Burung Betet.

betet
Gambar Burung Betet
Menurut peraturan yang ada saat ini burung betet berada dalam keadaan rawan karena menurut data jumlah mereka selalu berkurang setiap tahunnya sehingga membuat mereka mendapatkan perlindungan dari Negara. Jumlah yang semakin berkurang ini disebabkan oleh banyak hal, tapi penyebab utamanya adalah karena ulah manusia yang banyak membuka hutan sehingga tempat tinggal mereka hilang. Warnanya yang menarik dan bentuk paruhnya yang berbeda dari lainnya membuat burung ini banyak peminatnya, Dengan alasan inilah membuat beberapa pihak tidak bertanggung jawab melakukan perburuan besar-besaran yang berakibat  buruk pada burung betet.  

burung betet
Gambar Burung Betet
Betet memiliki banyak spesies yang juga memiliki paruh bengkok salah satunya adalah nuri bayan yang memiliki nama latin Eclectus Roratus, spesies lainnya adalah serindit Sulawesi yang memiliki bahasa latin Loriculus Stigmata, spesies lain yang juga anggota keluarganya adalah betet berkepala punggung yang memiliki bahasa latin Tanygnatus Sumateranus yang berasal dari pulau Sumatera dan masih banyak lagi spesies lainnya yang menghuni pulau-pulau di Indonesia.

Burung Betet Berekor

burung betet
Burung Betet
Burung betet berekor panjang memiliki nama lain yaitu burung betet berpipi merah dinamakan seperti itu karena burung ini memiliki pipi berwarna merah. Psittacula Longicauda merupakan nama latinnya. 85 jenis yang ada salah satunya adalah burung ekor panjang ini, hebatnya lagi ia ada di Negara kita. Klasifikasinya adalah memiliki panjang badan  keseluruhan mencapai 40 cm yang terhitung dari kepala hingga ekor.

Dihiasi dengan ekor yang sangat panjang dan tersusun rapi, bagian dada memiliki warna hijau makin menambah menarik penampilannya. Memiliki semacam jambul dengan warna hijau, namun hanya dimiliki oleh burung betet jantan saja.  Sesuai dengan namanya burung betet berpipi merah burung ini mempunyai pipi berwarna merah dengan tambahan warna hitam yang membentuk layaknya kumis dan terletak didekat paruhnya. Ekor panjangnya memiliki warna kuning pada ujungnya sedangkan sayapnya sendiri mempunyai warna biru laut.

Warna yang terdapat pada burung betet betina tidak secerah dan seindah burung jantan, sedangkan garis yang serupa kumis tidak berwarna hitam melainkan berwarna hijau. Sayapnya mempunyai warna kuning pada bagian dan dalam dan berwarna hijau muda pada bagian luar.  Warna hijau mewarnai dada dan perutnya sedangkan kakinya kebanyakan berwarna kelabu.  Sama halnya seperti burung jantan, burung betina juga memiliki warna merah pada pipinya namun ada berbeda dengan warna paruhnya yang berwarna merah.

Tempat Tinggal Burung Betet.

burung betet
Foto Burung Betet
Pada dasarnya burung betet suka bertengger diranting pohon, meskipun demikian mereka janrang ditemukan dihutan dataran tinggi karena habitat mereka adalah pada dataran rendah.  Hutan yang berada dipesisir pantai menjadi tempat yang cocok bagi rumah mereka, karenanya mereka banyak terlihat disana. Hutan hujan tropis menjadi tempat selanjutnya yang juga disukai oleh burung betet karena disana banyak pohon-pohon besar yang cocok untuk membuat sarang.

Tingkah Laku Burung Betet

Tingkah laku burung betet yang mudah untuk diamati adalah kebiasaan mereka yang terbang dalam kelompok, kira-kira kelompok mereka berjumlah 20 atau lebih. Meskipun mereka terbang berkelompok namun jangan remehkan kecepatan terbangnya, mereka dapat terbang dengan cepat dan lincah di udara.  Mereka suka hidup berpindah-pindah dan setiap musimnya mereka selalu melakukan migrasi untuk menuju tempat tinggal baru.

Meskipun dapat terbang dengan tinggi namun burung yang satu ini lebih suka berpindah antar pohon, kurang diketahui apa alasan mereka melakukan ini. Siang hari adalah waktu bagi mereka untuk mencari makan, dan ketika matahari mulai terbenam adalah waktunya untuk pulang kesarang. Waktu terbaik untuk melihat mereka adalah disiang hari dan lokasi untuk menemukan burung betet adalah di atas pohon yang tinggi dan rindang.

Reproduksi Burung Betet

burung betet
Foto Burung Betet.
Reproduksi burung betet jatuh pada bulan Februari hingga bulan juni, siklusnya kembali berulang pada tahun berikutnya. Mereka memiliki sarang pada lubang-lubang pohon, baik pohon hidup maupun pohon yang sudah mati selama ada lubang untuk bersarang.  Hanya sedikit saja burung ini yang membuat sarang, kebanyakan dari mereka tidak membuat sarang dan hanya menghuni lubang. Burung ini rajin dalam mencari makanan, terbukti didalam sarangnya terdapat banyak makanan untuk kebutuhannya sehari-hari. Reproduksinya tergolong lambat karena dalam sekali bertelur hanya menghasilkan 2 telur, dan telur ini dierami selama 23 hari hingga akhirnya menetas. Demikianlah artikel singkat tentang betet burung berparuh bengkok, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah berkunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar