Rabu, 16 November 2016

Mengenal Burung Angsa

Ditulis Oleh Suryadi
angsa
Burung Angsa


Angsa pernah mengejar saya  seolah sedang marah dan ingin menggigitku, waktu itu saya masih kecil dan sangat takut karena dikejar-kejar oleh burung  tadi. Burung ini terlihat sangat galak. Namun setelah beberapa tahun saya mulai berani memberi hewan ini makan meskipun masih ada rasa takut. Unggas berwarna  putih yang saya beri makan itu saya beri nama  donal bebek, kenapa tidak diberi nama donal angsa, hehehe. . .  ya karena sejak kecil saya selalu memanggilnya donal bebek. Sebenarnya hewan ini adalah hewan  yang baik jika kita telah mengenal mereka. Suka memotong dan membersihkan rumput. 
Selain itu hewan ini juga bisa menjadi satpam yang tak kenal lelah. Ketika ada orang tidak dikenal  hewan ini akan mengeluarkan suara nyaring seakan memberitahu kita bahwa ada penyusup yang datang. Tapi sering kali mereka tidak langsung menyerang orang asing tersebut, ya karena hewannya berada didalam kandang. Seperti yang telah banyak kita ketahui angsa akan menyerang jika merasa dirinya terancam jadi jangan lupa jaga jarak jika anda baru pertama kali bertemu dengannya.

Perawatan Angsa

Tanah dengan banyak rumput segar adalah tempat yang sangat baik untuk memelihara angsa.  . Misalnya saja seperti taman atau kebun yang memiliki banyak rumput.  Jangan lupa untuk membuat pagar , hal ini penting untuk menjaga mereka tidak pergi jauh dan untuk menjaganya dari pencuri. Meskipun sama-sama unggas tapi hewan yang satu ini sangatlah berbeda dengan ayam dan bebek, yaitu tidak menggali tanah dengan kaki seperti ayam yang mencari makan dan juga tidak membuat lubang ditanah seperti bebek. Tapi jika tidak memiliki taman atau kebun pribadi, masih ada solusi lain untuk  hewan peliharaan anda. Caranya adalah dengan mencari tanah lapang yang mempunyai banyak rumput, bila sudah beberapa minggu dan terlihat rumput sudah mulai habis dimakan sebaiknya anda pindah ketempat  lain yang rumputnya masih banyak.   
Angsa sangat suka dengan rumput muda, selain rasanya yang manis juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuhnya. Jangan lupa untuk memotong rumput secara berkala sehingga tidak terlalu tinggi dan membuat hewan peliharaan merasa tidak nyaman.  Tidak ada salahnya untuk membuat kolam kecil sehingga mereka bisa minum walaupun kita lupa memberinya minum. Tidak jarang juga beberapa angsa suka mandi seperti bebek. Dengan bermain air sebenarnya dapat menjaga tubuhnya tetap bersih dan membuatnya menjadi lebih kebal terhadap penyakit.  
Kapan Angsa Bereproduksi
Biasanya ansa akan memproduksi sekitar 10 – 50 telur setiap tahunnya. Tapi ada juga beberapa jenis angsa tertentu yang dapat memproduksi hingga ratusan telur per tahun. Bila anda cukup rajin anda bisa memanfaatkan bulu-bulunya . Bulu-bulunya yang  sangat lembut dan sangat baik untuk mengisi bantal boneka bahkan sofa. Hewan ini  juga bisa dijadikan mitra kita dalam berselfi ria, bulunya yang bagus dan halus tentunya akan memperindah hasil foto selfi kita.  Bagi anda yang memiliki hobi berfoto selfi, tidak ada salahnya untuk mencoba berfoto selfi dengan hewan peliharaan mungkin anda akan mendapatkan tambahan like dari orang-orang penyuka binatang. Selain dagingnya bisa dimakan, telurnya yang enak untuk dimasak anda juga bisa mengumpulkan bulu-bulunya  untuk kemudian dijual. Ada banyak pengusaha mebel yang menggunakan bulu angsa  pada produk mebelnya dan biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga mebel biasa.
Tempat Tinggal atau kandang Angsa.
Sebaiknya dalam membuat tempat tinggal atau kandang  memiliki ukuran yang cukup besar  dan cukup untuk beberapa ekor, kenapa mesti seperti itu? Jawabannya karena mereka adalah makhluk sosial yang suka berkumpul dengan sesamanya dan menggosipkan angsa tetangga. Hahaha ... Jangan lupa untuk membuat kandang kecil khusus yang berguna untuk memisahkan yang sedang sakit, hal ini penting untuk menghindari penyakit menular dan menginfeksi  yang lainnyaJika anda tidak punya cukup lahan untuk membuat kandang pemulihan, sebaiknya manfaatkanlah bagian loteng dari kandang anda , yang terpenting adalah tidak ada kontak langsung antara hewan yang sakit dengan hewan yang sehat.. Pastikan kandang yang anda bangun bebas dari hewan pengerat dan hama lainnya. Lakukan pembersihan  secara berkala untuk memastikan kandang aman dan nyaman.
Tinggkatkan pengawasan dan pembersihan ketika ada angsa yang bertelur. Sama halnya dengan unggas lainnya mereka  juga mempunyai predator yang mengancam keselamatannya. Salah satu predator yang sering menyerang  adalah rubah. Rubah juga sangat suka memakan telur hal ini bisa menjadi ancaman yang serius bagi kelangsungan usaha ternak anda. Bila peternakan berada didekat hutan maka potensi gangguan hewan liar menjadi lebih besar. Segera bangun pagar tambahan terutama untuk menghalangi  masuknya ular kedalam area peternakan. Setelah keamanan dirasa cukup baik maka tiba saatnya untuk membuat sarang yang nyaman untuk bertelur. Ingat angsa menghabiskan banyak waktu untuk mengerami telurnya hingga menetas. Berikan juga kotak makanan dan tempat minum yang mudah dijangkau oleh induk tanpa harus meninggalkan telurnya.
Makanan Yang Baik Untuk Angsa.
Kebanyakan angsa suka memakan rumput  akan tetapi makan rumput saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Jadi dibutuhkan makanan pendamping untuk menjaga perkembangan tubuh dengan baik. Rumput yang tua bersifat asam sehingga kurang baik bila dikonsumsi. Ada baiknya anda membuat jadwal rutin untuk memotong rumput. Setelah dipotong maka tunas muda akan segera tumbuh dan tunas muda inilah yang menjadi makanan kesukaan angsa.  Untuk makanan pendamping  anda bisa menggunakan dedak dan akan lebih baik jika dicampur dengan beberapa ikan kecil didalamnya. Jika anda tidak mau repot dalam membuat makanannya anda bisa dengan mudah membelinya dipasaran dan ditoko-toko ternak . Jangan lupa tambahkan juga vitamin dan suplemen untuk memaksimalkan  pertumbuhan angsa.
Penyakit Yang Sering Menyerang Angsa
Penyakit yang paling umum menyerang angsa adalah penyakit cacingan. Lalu bagaimana caranya mengetahui yang terkena cacingan atau tidak? Caranya cukup sederhana yaitu dengan melihat langsung mana yang bertubuh kurus dibandingkan dengan yang lainnya. Setelah anda menemukan yang sakit segera pindahkan kedalam kandang pemulihan, hal ini sangatlah penting untuk menjaga agar angsa yang lainnya tidak tertular penyakit tersebut.  Setelah dipisahkan segera berikan obat cacing. Bila tidak ada anda bisa pergi ketoko yang menjual peralatan ternak dan anda bisa dengan mudah membeli obat cacing disana. Jangan lupa beli obat untuk persedian dirumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Ada berapa jenis Angsa?
Angsa cina merupakan salah satu jenis  yang ada didunia ini. Biasanya penduduk cina menangkap angsa cina liar dan kemudian memeliharanya. Ciri-cirinya adalah memiliki moncong atau paruh  yang menonjol. Hewan ini juga dikenal sangat cerewet. Perilaku ini bisa kita manfaatkan bila ada angsa yang tidak sengaja tersesat dan hilang. Kita akan dengan mudah menemukannya hanya dengan mendengar suara berisiknya yang  terdengar sampai kemana-mana.  Beberapa diantaranya dikenal sangatlah jinak sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. Tapi beberapa yang lainnya sangatlah galak dan agresif terhadap siapa saja yang datang. Belilah satu atau dua angsa ini untuk menjaga  kawanan angsa yang lainnya. Untuk warna sendiri ada yang berwarna putih, coklat dan abu – abu, sedangkan kebanyakan dari mereka berwarna coklat. Untuk reproduksinya sendiri bisa mencapai seratus telur dalam setahun.

Angsa Emden

Dari semua jenis angsa, Emden lah yang terbesar . Selain memiliki ukuran yang paling besar emden juga memiliki tinggi badan yang  melebihi lainnya  tidak hanya itu leher yang dimiliki emden  juga merupakan yang terpanjang . Memiliki warna oranye dan putih semakin memperkuat kesan bahwa emden adalah yang terbesar. Untuk reproduksi emden bisa bisa menghasilkan sekitar 20 telur per tahunnya.

Angsa Buff

Angsa Buff merupakan hewan yang kalem dan pendiam, bila anda pemula dan ingin mulai memelihara  maka jenis ini merupakan yang paling cocok untuk anda. Untuk reproduksi sendiri buff bisa menghasilkan sekitar 25 telur per tahunnya.  Buff memiliki perpaduan antara warna coklat dengan putih. sangat ramah kepada manusia, tidak mudah takut dan lebih suka berjalan ditanah daripada terbang. Untuk ukuran badan angsa buff terlihat agak gemuk tapi masih proposional. demikianlah artikel singkat tentang mengenal burung angsa, semoga bermanfaat bagi kita semua. terimakasih telah berkunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar