Rabu, 02 November 2016

Ayam Kate Bertubuh Kecil.




Ditulis Oleh Suryadi

ayam kate
Gambar Ayam Kate
Tubuhnya yang kecil merupakan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ayam kate karenanya banyak orang yang kemudian memelihara ayam ini sebagai hiasan dirumah. Ukuran badan yang mini ini membuat ayam kate tidak cocok dibudidayakan dengan tujuan dijual dagingnya.   Selain bentuk tubuhnya yang kecil, warna dan bulunya yang indah menjadi nilai plus untuk hewan yang satu ini.

Meskipun dagingnya sedikit tapi ayamkate masih bisa dibudidayakan dengan cara lain, anda bisa menternakkan ayam ini untuk dijual hidup. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa ayam kate merupakan hewan peliharaan yang unik dan menarik.  Pemeliharaan serta konsumsi pakan hanya sedikit jadi biaya produksi  tidak sebanyak  jika memlihara ayam yang lainnya. Banyaknya peminat yang ingin membeli ayam ini membuat harganya naik secara otomatis, jika anda melihat situasi ini sebagai peluang bisnis anda bisa memulai untuk membudidayakannya.

Ayam kate dianggap cocok untuk menghiasi rumah apalagi bila anda memiliki pekarangan yang cukup luar, maka anda bisa memeliharanya disana dan pasti menyenangkan  melihatnya bermain-main di pekarangan rumah. Kebutuhan akan hiburan sangat penting bagi mereka yang memiliki rutinitas yang padat, jadi tidak ada salahnya membeli ayam kate sebagai hiburan dirumah.   
 Dulu kira-kira pada tahun 1700 masehi  terdapat seorang pedagang yang berangkat ke pulau jawa untuk berdagang dan mencari rempah-rempah, ketika sedang menlakukan aktifitasnya secara tidak sengaja ia menemukan ayam kate yang bertubuh kecil dan karena keunikannya ayam tersebut kemudian dipelihara.  

 Sejak saat itu ayam ini menjadi terkenal dan mulai banyak dipelihara orang.
Banyak cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan keberadaan ayam kate sehingga lebih bermanfaat bagi kita atau bahkan bisa menghasilkan uang dari ayam tersebut. Memelihara ayam kate hingga memiliki keturunan yang banyak dan kemudian menjualnya merupakan salah satu cara yang sering dilakukan orang. Tapi sebelum anda memutuskan untuk membudidayakannya ada baiknya anda mengetahui dulu jenis-jenis ayam kate.

Ayam Kate Jenis Betindo

Ayam kate betindo memiliki warna dominan berwarna putih, warna putih ini dihiasi dengan garis berwarna hitam dengan ciri-ciri itu ayam jenis ini terlihat begitu indah. Bulu panjang menyeruapai rambut terdapat di bawah kepala bagian belakang, sehingga tampak seperti ayam ini memiliki rambut. Warna merah menjadi warna jengger yang melekat diatas kepalanya, selain jenggernya yang berwarna merah seperti bunga mawar bentuk jengger yang dimiliki oleh ayam betindo ini juga menyerupai bunga mawar.

Ayam Kate Jenis Lokal


Gambar Ayam Kate
Belum ada yang tahu dari mana asal muasal ayam ini, meskipun asal usulnya tidak jelas tetapi karena bentuk tubuhnya yang terbilang keren itu telah memikat banyak orang  Para pecinta ayam hias sudah tidak asing dengan ayam yang satu ini. Bentuk tubuhnya memiliki persamaan dengan ayam kate dari Jepang . Warna putih membuat bulu ayam ini terlihat bersih  serta jengger yang berukuran besar dengan warna merah menyala mempercantik penampilan ayam lokal ini.  Yang unik dari ayam ini yaitu kaki mereka tidak berwarna kuning seperti ayam kebanyakan, warna merahlah yang melekat di kaki ayam jenis lokal ini.

 Yang membedakan ayam kate lokal dengan ayam kate jepang  adalah warnanya. Jika ayam lokal memiliki warna putih, ayam jepang lebih memilih warna kuning untuk menghiasi bulu-bulunya.  Ayam kate jepang juga mempunyai warna putih tetapi hanya sedikit yaitu terletak dibagian ekor dan jumlahnya tidak banyak. Perbedaan lainnya terletak pada kakinya yang memiliki warna kuning, seperti telah disebutkan diatas bahwa warna kaki ayam lokal adalah merah.

Harga Ayam Kate

Harga ayam kate sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor dan biasanya harga di satu daerah berbeda dengan harga di daerah lainnya. Dibandingkan dengan ayam lainnya harga ayam kate memang lebih mahal tapi hal itu tidak berlebihan karena memang ayam ini istimewa dan berbeda dengan ayam yang lain Untuk ayam kate yang berumur 1 biasanya dijual dengan harga 30 ribu sedangkan untuk ayam yang sudah berumur 4 bulan biasa dijual dengan harga 60 ribu, harga ini bukan harga final karena memang harga ayam di setiap pasar berbeda dengan harga di pasar lainnya.
Selain lokasi dimana ayam di jual masih ada lagi faktor lainnya yang turut serta mempengaruhi harga ayam kate.

Umur Ayam Kate

Usia yang semakin tinggi akan turut serta menaikan harga ayam, seakan sudah menjadi kebiasaan bila umurnya sudah dewasa maka harganya akan lebih tinggi dibandingkan dengan harga waktu masih kecil. Mungkin waktu perawatan ayam dewasa lebih lama sehingga harganya pun lebih mahal. Kenapa kita tidak membeli anak ayam kate dan merawatnya hingga menjadi dewasa dan bila sudah dewasa kita bisa menjualnya kembali tentu dengan harga yang lebih mahal dengan begitu kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Jika kegiatan diatas dilakukan kembali dengan menambah jumlah ayam yang dipelihara tentunya akan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Ditambah lagi biaya produksi yang minim membuat modal yang ada bisa dimaksimalkan untuk menambah ayam peliharaan.

Warna Bulu Ayam Kate  

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam akte dijual dengan tujuan sebagai ayam hias maka warna menjadi poin penting dalam menentukan harganya, semakin bagus warnanya tentu akan semakin bagus juga harganya. Sebaliknya bila ayam kate yang kita jual itu memiliki warna yang biasa-biasa saja maka harganya juga akan biasa-biasa saja atau lebih buruknya lagi bisa tidak ada yang mau membeli.  Poin di atas memang sangat penting pasalnya warna memang efektif untuk menarik perhatian orang banyak. Daya tarik yang dimiliki tentunya akan menentukan pula harga jualnya. Pesona keindahan akan membuat orang tidak ragu untuk mengeluarkan uang banyak hanya untuk memilikinya.

Kesehatan Ayam Kate

ayam kate
Gambar Ayam Kate
Ada yang mengatakan kesehatan itu mahal harganya, menurut saya hal itu memang benar adanya karena memang tidak ada orang yang akan membeli ayam sakit.  Saat kita pertama kali membudidayakan ayam kate hal pertama yang kita lakukan adalah mencari indukan yang sehat dengan begitu akan menghasilkan anak yang sehat pula.  Anak ayam ini akan menjadi bibit unggulan karena memiliki kesehatan yang terjaga.
 
Ayam yang sehat juga memiliki banyak keunggulan selain menekan biaya perawatan juga akan meningkatkan biaya produksi. Saat kesehatan ayam tidak stabil makan nilai jual akan menurun  dan kemungkinan besar calon pembeli akan mengurungkan niatnya untuk membeli.  Pemberian vaksin dengan rutin sangat efektif untuk mencegah terjadinya penyakit dikemudian hari, selain itu ayam juga bisa tumbuh dengan maksimal karena tidak pernah diganggu  oleh bakteri ataupun virus yang merugikan. Demikian artikel tentang ayam kate bertubuh kecil semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah berkunjung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar