Rabu, 19 Oktober 2016

Bebek Burung Yang Bisa Berenang



Ditulis Oleh Suryadi
 
foto bebek
Gambar Bebek
Bebek masuk kedalam keluarga Anatidae dan merupakan salah satu burung yang bisa berenang, selain ayam bebek merupakan unggas yang banyak dipelihara oleh masyarakat baik untuk dikonsumsi dagingnya maupun telurnya.  Beberapa orang lebih mengenal hewan ini dengan nama itik terutama diwilayah kalimantan selatan. 

Burung akuatik menjadi gelarnya karena kemampuannya untuk mengapung dipermukaan air ditambah lagi bentuk kaki berselaput membuatnya lebih leluasa dalam bergerak di air.  Bila angsa memiliki ukuran badan yang besar dengan lehernya yang panjang, maka bebek memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dengan lehernya yang lebih pendek dari angsa dan kira-kira besarnya seperti ayam.

Terkadang ada yang salah menyangka bebek dengan burung air lainnya seperti loon yang merupakan salah satu burung air yang memiliki ciri-ciri fisik yang sama.

Perkawinan silang bisa dilakukan pada bebek,   Namun perkawinan silang tersebut  melahirkan anak yang tidak bisa bereproduksi atau biasa disebut dengan bebek steril. Sebagai contohnya perwaninan silang yang melibatkan jenis serati dengan pelari bisa menghasilkan 2 jenis baru yang diberi nama dengan Brati dan jenis yang satu lagi diberi nama dengan tiktok dan kedua jenis tersebut adalah bebek steril.

Ciri-ciri dan Speksifikasi Bebek


Bebek memiliki badan yang melebar serta memiliki lekukan khusus, Lehernya lebih panjang dibandingkan dengan ayam tetapi lebih pendek dari leher angsa bahkan lebih pendek lagi dari angsa leher pendek. Untuk bentuk badan tanpa bulu biasanya cenderung bulat meskipun ada sedikit perbedaan pada setiap jenisnya. Bentuk mulut lebar berguna untuk mencari makanan, paruhnya juga dilengkapi dengan lamellae atau semacam jaring yang sangat berguna untuk menyaring makanan didalam air.
 
Khusus untuk bebek dengan jenis penangkap ikan memiliki bentuk paruh yang lebih panjang serta menggigit lebih bertenaga daripada yang lainnya. Kakinya dilengkapi dengan kulit yang tebal dan kuat dengan posisi berada pada tubuh bagian belakang layaknya seperti burung air kebanyakan, posisi kaki ini juga memudahkannya untuk bermanuver di atas air. Bentuk sayap pendek dilengkapi dengan bulu-bulu yang tebal hingga terlihat kokoh Bentuk sayap yang pendek membuat bebek harus mengeluarkan tenaga ekstra supaya bisa mengepakkan sayapnya lebih banyak agar ia bisa terbang. Tapi ada beberapa jenis yang tidak bisa terbang seperti yang lainnya.

Belahan bumi utara memiliki bebek dengan warna yang indah terutama untuk yang jantan, keindahan bulunya ini digunakan untuk menarik perhatian sang betina pujaan hati pada musim kawin. Sedangkan pada belahan bumi selatan menampilkan warna yang biasa baik itu jantan atau betina. Namun ada pengecualian untuk negara Selandia Baru, disana betinalah yang memiliki warna yang menarik sedangkan yang jantan tidak.  Sedangkan warna bulu bebek yang belum dewasa sama cerahnya dengan yang betina, dan untuk yang jantan mudah warnanya akan memudar saat ia dewasa.

Makanan yang Dikonsumsi Oleh Bebek

foto kawanan bebek
Gambar Kawanan Bebek
Bebek memiliki menu makanan yang banyak mulai dari tumbuhan hingga serangga kecil semuanya dimanakan hingga habis. Untuk jenis penyelam lebih suka makanan didalam air seperti ikan kecil, kodok dan moluska tidak lepas dari incarannya. Jenis ini memiliki keunggulan dalam menyelam karena mereka memiliki berat badan diatas rata-rata bebek lainnya, tapi mereka juga mempunyai kekurangan yaitu karena berat badannya membuat mereka kesulitan untuk mengudara. 

Keluarga bagian dari Anatinae bisa menyelam namun dengan kemampuan yang terbatas, oleh karenanya ia hanya akan mencari makanan sesuai dengan kemampuannya. Setelah mencapai batasannya maka ia akan menuju permukaan untuk mengambil napas dan bersiap untuk menyelam kembali. Berbeda dengan sepupunya bebel penyelam mereka dapat menyelam lebih jauh dan lebih lama sebelum mereka kembali kepermukaan untuk mengambil napas.  

Lapisan lamellae membantu bebek dalam menangkap makanan dengan paruhnya yang berbentuk pipih itu. Bahkan goosander mampu memakan makanan lebih besar berkat bentuk paruhnya yang lebih besar dan juga tenggorokan yang lebih longgar sehingga memudahkan dalam proses menelan makanan.

Reproduksi bebek

Bebek membangun hubungan monogami bersama pasangannya, namun hubungan ini hanya bertahan setahun saja dan biasanya terjadi pada masa kawin.  Kebanyakan dari mereka hanya melakukan proses reproduksi sekali dalam setahun tapi sebelum proses reproduksi itu terjadi mereka biasanya akan mencari tempat yang tepat dan tempat itu berbeda-beda setiap musimnya.

Penyebaran Bebek.

Habitat bebek meliputi wilayah yang sangat luas, saking luasnya hingga mereka menempati seluruh dunia dan hanya Antartika menjadi satu-satunya tempat dimana tidak ditemukan bebek. Subantartika saja yang memiliki suhu yang ektrim masih bisa ditinggali olehnya.  Ada beberapa spesies yang mendiami pulau-pulau kecil ditengah samudra luas, salah satunya adalah pulau hawaii, mereka juga ditemukan berada di selandia baru. Namun jenis yang biasanya mendiami pulau ditengah samudra kini telah mengalami penurunan populasi yang signifikan.

Bebek migratori akan singgah di Arktik pada saat musim panas dan singgahnya mereka disana bertujuan untuk bereproduksi. Dibenua Australia mereka memiliki perilaku unik dimana mereka akan berpindah-pindah tempat untuk mencari tempat yang berair seperti kolam, setelah kolam mengering mereka akan mencari kolam lainnya  dan mereka akan kembali kekolam semula bila sudah terjadi hujan dan kolam menjadi penuh. 

Beberapa kota didunia ini telah biasa dengan kedatangan bebek yang sedang melakukan migrasi. Akibat dari pemanasan global yang terjadi membuat cuaca menjadi tidak menentu dan kejadian ini juga berdampak pada koloni bebek. Beberapa spesies yang dulunya senang bermigrasi kini mereka memilih untuk menetap meskipun suhu ditempat itu sedang dingin sekali.

Ancaman Bagi Bebek.

Ancaman bagi keselamatan datang dari mana-mana.  Terlebih lagi untuk bebek yang tidak bisa terbang menyelamatkan dirinya sendiri tentu akan menjadi mangsa empuk bagi para predator Anak-anak sangat rentang terhadap serangan ikan besar, buaya juga bisa dengan mudah untuk menangkapnya, dan ular air juga menjadi predator yang wajib untuk diwaspadai.  Predator juga datang dari sesama unggas yaitu burung kuntul dan juga burung elang yang gemar menyambar hewan-hewan kecil.  Tidak hanya anak bebek yang rentang terhadap serangan, sarangnya pun telah lama menjadi daftar makanan bagi rubah.

Meskipun bisa terbang dengan cepat tapi bukan berarti bebas dari ancaman, saat bebek berada diatas air untuk mencari makan maka sebenarnya ia juga menjadi calon makanan bagi hewan lain.  Sedangkan waktu terbang diudara mereka lebih aman dibandingkan didarat hal itu wajar karena predator yang bisa terbang tidak banyak, burung elang menjadi musuh utama yang bisa membahayakan nyawa bebek.

Budidaya Bebek


foto anak bebek
Gambar Anak Bebek
bebek adalah salah satu unggas yang paling banyak dibudidayakan karena kegunaan ekonomisnya yang beragam. Semua bagian bebek bisa menghasilkan uang, selain daging dan telur yang bisa dijual, bulunya juga berguna sebagai isian bantal dan juga sofa yang empuk, bahkan kotorannya pun sangat baik digunakan sebagai pupuk organik. Kebanyakan yang dibudidayakan saat ini berbadan besar dan lebih besar dari leluhurnya. Anas Platyrhyncos merupakan nama latin dari jenis yang paling banyak di budidayakan misalnya saja bebek pelari yang banyak ditemukan ditempat peternakan.

Menurut data yang dimiliki oleh FAO ada beberapa negara yang telah berhasil membudidayakan bebek dan Cina menjadi negara yang terbesar lalu disusul oleh Negara Vietnam dan juga Negara kita Indonesia. Demikianlah artikel singkat tentang bebek unggas yang bisa berenang, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar