Rabu, 12 Oktober 2016

Bekantan Monyet Unik Asal Kalimantan Selatan



Ditulis Oleh Suryadi

foto monyet bekantan
Gambar Monyet Bekantan
Bekantan adalah jelmaan dari para penjajah belanda yang dulu hendak menjajah tanah kalimantan, begitulah cerita yang banyak beredar dimasyarakat banjar. Mitos ini telah lama menjadi cerita dongeng untuk anak cucu, namun semakin berkembangnya acara televisi membuat cerita rakyat ini kian lama kian ditinggalkan. Lalu kenapa monyet bekantan disangkut pautkan dengan penjajah belanda tempo dulu, baiklah untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak artikel dibawah ini.

Waktu zaman penjajahan belanda dulu, mereka para penjajah juga ingin menguasai kerajaan banjar yang ada di kota martapura. Niat penjajah Belanda tersebut dibuktikan dengan mengirimkan kapal tempur melewati sungai Martapura, namun perjalanan mereka terhenti karena ada pasukan pemberani dari kerajaan banjar yang menghadang mereka.  Dengan senjata tradisional para pejuang ini melawan tanpa rasa takut, namun mereka berhasil dipukul mundur oleh senapan para penjajah. Dalam situasi sulit diambang kekalahan karena banyak pasukan yang mati tertembak, mereka tidak putus asa dan berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa. Dan tidak terlalu lama datanglah keajaiban menolong prajurit banjar dan secara tidak terduga kapal penjajah tersebut tenggelam.

 kapal yang tenggelam itu juga menenggelamkan seluruh awak kapal penjajah yang hendak merebut kerajaan banjar. Setelah beberapa waktu bangkai kapal tersebut berubah menjadi pulau lengkap dengan pepohonan yang rindang.  Entah dari mana datangnya kemudian muncullah kera berhidung besar dengan muka mirip seperti penjajah belanda dulu.  Sejak saat itu kera berhidung besar itu dianggap sebagai jelmaan penjajah belanda dan hingga kini hewan ini disebut dengan bekantan (kera belanda), dan sejak saat itu pula cerita ini menjadi cerita rakyat Kalimantan Selatan yang diceritakan secara turun temurun.

Sebenarnya bekantan tidak hanya ada di Kalimantan Selatan saja melainkan ada diseluruh pulau Kalimantan termasuk Negara Brunei Darusalam dan Negara Malaysia karena masih satu pulau. spesifikasi bekantan yang paling mencolok adalah bentuk hidungnya yang besar dan memiliki warna kuning jeruk, sedangkan untuk rambutnya sendiri memiliki warna kemerahan dan warnanya tampak sama jika dilihat dari kejauhan. Nasalis Larvatus merupakan nama latin untuk spesies kera yang satu ini. bekantan memang sangat unik, dikota banjarmasin sendiri telah dibuat patung bekantan  yang sangat besar dan sekarang tempat tersebut telah menjadi taman rekreasi bagi penduduk sekitar.

Bekantan jantan memiliki hidung lebih besar, ukuran hidung ini digunakan oleh para pejantan untuk memperebutkan hati betinanya dan mereka saling bersaing satu sama lain.  Para betina pun akan lebih memilih bekantan dengan ukuran hidung paling besar sebagai pasangan, setelah mendapatkan pasangan maka proses reproduksi akan terjadi.

Sama seperti monyet kebanyakan, bekantan juga senang hidup dengan cara membentuk kelompok. Kelompok ini akan terus bersama-sama baik saat mencari makan ataupun saat beristirahat. Untuk satu kelompok akan dipimpin oleh bekantan yang paling kuat, dan pemimpin ini memiliki tugas untuk menjaga anggota kelompoknya dari bahaya. Tidak ada batasan resmi berapa jumlah kera dalam satu kelompok namun kebanyakan dari mereka mempunyai jumlah hingga 30 bekantan. Untuk susunan kelompoknya sendiri hampir sama seperti kelompok hewan lainnya yaitu  satu pemimpin jantan didampingi oleh sejumlah betina dan ditambah lagi dengan anak-anak yang diasuh oleh para betina. 

Atas pohon telah dipilih oleh bekantan sebagai rumahnya dan untuk melindungi diri dari predator.  Meskipun sering berada diatas pohon, ternyata bekantan juga dapat berenang. Walaupun hanya sesekali tapi biasanya mereka berenang untuk mengambil buah yang terjatuh dari pohonnya. Untuk kondisi tertentu kawanan bekantan bahkan mampu berenang menyeberangi sungai dan seperti yang kita ketahui bahwa sungai di Kalimantan itu banyak yang lebar.  Ternyata kemampuan berenang bekantan ini didukung oleh bentuk kaki yang berselaput dan hampir sama seperti bebek, dan saat berenang sesekali mereka juga menyelam terutama saat merasa terancam sebagai upaya untuk meloloskan diri dari bahaya.


Spesifikasi Bekantan



Perbedaan ukuran badan antara bekantan jantan dan betina sangat terlihat, badan jantan jauh lebih besar dibandingkan dengan badan betina. Tinggi badannya adalah 75 cm sedangkan si betina hanya 60 cm saja, untuk berat badan jantan ternyata bisa mencapai dua kali lipat berat betina, yaitu 24 kg untuk monyet jantan dan 12 kg untuk monyet betina.  Bekantan juga dikenal suka makan, dan karena kebiasaannya inilah membuat perut mereka menjadi besar. Makanan yang paling disukainya adalah buah-buahan dan buah favoritnya tidak lain dan tidak bukan adalah buah pisang.  Namun  jika tiba waktunya buah sulit dicari, mereka juga memakan biji-bijian untuk mengganjal perutnya. Selain biji mereka juga memakan dedaunan yang mengandung gas.  Gas inilah yang kemudian memenuhi perut bekantan hingga menjadi besar.

Perkembangbiakan Bekantan


foto monyet bekantan
Foto Monyet Bekantan
Bekantan membutuhkan waktu hingga 166 hari untuk satu kali berkembang biakan, mereka juga sangat jarang melahirkan anak kembar dan kebanyakan dari betina hanya melahirkan satu anak saja.  Setelah dilahirkan sang anak akan dirawat oleh induknya hingga iya dewasa dan bisa mencari makan sendiri, waktu yang dibutuhkan oleh anak ini untuk bisa mandiri adalah selama 5 tahun setelah itu ia akan pergi meninggalkan induknya.

Makanan yang dimanakan oleh bekantan semuanya berada dihutan mulai dari buah-buahan hingga daun-daunan semuanya tersedia dihutan, dan seperti monyet kebanyakan mereka juga akan sangat senang bila diberi kacang atau buah pisang. Demikianlah artikel singkat tentang bekantan monyet unik asal kalimantan selatan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar