Rabu, 14 Desember 2016

Jenis-Jenis Ikan Arwana



Ditulis Oleh Suryadi

arwana
Ikan Arwana
          Arwana adalah ikan air tawar yang populer dikalangan masyarakat, sangat terkenalnya sampai semua orang tahu tentang ikan ini.  Banyak orang yang terpesona akan keindahannya sehingga membuat ikan ini banyak dipelihara oleh orang. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh ikan ini terletak pada sisiknya yang berkilau apalagi saat ia berenang dan terkena cahaya kilauannya semakin terlihat indah.

          Scleopages sp. Merupakan nama latin untuk ikan arwana. Ada juga beberapa orang yang lebih suka menyebutnya dengan ikan naga, mungkin karena bentuk tubuhnya yang panjang atau mungkin karena ikan arwana memiliki kumis seperti naga.  Tapi buat saya pribadi lebih nyaman menyebutnya ikan arwana karena mirip dengan nama komedian Tukul Arwana.

          Kepopuleran ikan ini tidak hanya pada keindahannya tapi banyak masyarakat yang percaya bahwa ikan ini memiliki mitos-mitos tertentu.  Ada yang percaya bahwa dengan memelihara ikan ini dengan baik dan benar maka akan mendatangkan rezeki dan keberuntungan. Ada juga mereka yang percaya bahwa ikan ini bisa menolak bala dan bisa menjaga rumah atau tempat yang didiaminya dari berbagai gangguan gaib.

          Dan masih banyak lagi mitos yang lainnya yang tentunya bisa berbeda-beda setiap daerah. Terlepas dari itu semua, kita pasti sepakat bahwa ikan arwana adalah ikan yang cantik dan mempesona. Habitat ikan arwana adalah didaerah sungai dan rawa yang terdapat di asia bagian tenggara dan sekitarnya. Untuk negara kita tercinta Indonesia ikan arwana banyak di temukan di pulau kalimantan dan juga pulau papua  Ikan Arwana yang ada di Indonesia sangat tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, banyak corak dan warna yang menarik.

          Tubuhnya yang ramping dan panjang terlihat seperti goloknya orang Betawi.  ikan ini pun seolah tidak mau kalah dengan ikan lele yang memiliki kumis, arwana juga mempunyai kumis yang terletak dekat dengan mulutnya. Lebih tepatnya berada tepat dibawah mulutnya.

          Kumis ini bukan sekedar hiasan saja melainkan sebagai sensor penting terutama saat mencari mangsa. Begitu ada gerakan sedikit saja maka sensor akan menangkap getaran itu dan memberitahu dimana posisi korbannya, dan dalam sekejap mangsa pun disergap. Tidak seperti ikan predator lainnya yang terkesan sangar dan galak saat berenang. Arwana bergerak begitu indah dan mempesona ditambah lagi barisan sisik yang tersusun rapi di padukan dengan warna yang indah membuat ikan ini terlihat bagaikan penari yang anggun.

          Saat ini ada beberapa jenis ikan arwana yang menjadi primadona dikalangan pecinta ikan. Seperti ada yang kurang jika aquarium dirumah belum di isi dengan ikan ini, rasanya seperti taman tanpa bunga.  Tapi sangat disayangkan kebanyakan orang hanya tahu ikannya saja tanpa tahu jenis-jenisnya. Banyak sekali ragam dan jenis ikan arwana baik yang ada di dalam negeri ataupun di luar negeri. Baiklah mari kita bahas macam ragam ikan arwana


    1.     Ikan Arwana Merah


arwana
Ikan Arwana Merah
          Ikan arwana merah  merupakan ikan  khas indonesia yang  banyak digemari oleh orang-orang. Kalimantan Barat adalah habitat dari ikan ini, ia biasa ditemukan di aliran sungai kapuas  dan sekitarnya. Beberapa penduduk juga pernah menangkap ikan ini di danau sentarum, baik menggunakan pancing atau pun jaring ikan.  Jika anda tidak berdomisili di Kalimantan Barat, tenang saja karena ikan ini  sudah banyak yang membudidayakan.

          Ikan merah ini ternyata masih memiliki jenis-jenisnya lagi misalnya saja ikan merah cabe ada juga ikan merah orange yang memiliki warna merah kekuningan seperti jeruk. Jenis yang ketiga adalah jenis ikan merah darah warnanya merah pekat, dan jenis yang terakhir adalah jenis ikan merah emas. Empat macam ikan diatas adalah tergabung dalam  super red arwana.

          Namun tidak semua orang sependapat dengan pendapat itu  dan pihak yang tidak setuju ini hanya menunjuk ikan merah cabe dan ikan merah darah yang pantas masuk kedalam  super red arwana. Mereka tidak mengakui ikan merah orange dan ikan merah emas dan memasukkan dua jenis ikan ini kedalam kelompok super red tingkat rendah yang tingkatannya berada dibawah  kelompok super red arwana.

         Ikan merah ini memang benar-benar berwarna merah dari ujung kumis hingga ujung ekornya berwarna merah, tapi hanya ikan dewasa saja yang memiliki warna merah sempurna jika warna merahnya belum merata itu menandakan umur ikan belum dewasa. Biasanya ketika panjang ikan sudah mencapai 26 cm muncul garis seperti lingkaran yang disebut dengan ring dan dengan berjalannya waktu sedikit demi sedikit warnanya akan menjadi merah.

         Para pecinta arwana merah harus rela menunggu hingga  3 tahun lamanya sampai warna merah itu ada di tubuh ikan merah itu. Kilauan yang terdapat di pinggir sisik itulah yang disebut dengan ring. Tapi bukan orang indonesia namanya kalau tidak punya trik, bermagai macam trik dan percobaan dilakukan untuk menimbulkan warna merah itu lebih cepat dari waktunya.

          Salah satu trik yang digunakan untuk mempercepat munculnya warna merah pada ikan arwana merah adalah dengan melakukan tanning, cara lainnya yang juga banyak digunakan adalah dengan memberikan ikan makanan kualitas super dengan begitu diharapkan nutrisi yang didapatkan oleh ikan lebih banyak akibatnya warna merah akan lebih cepat muncul. Bagi yang dananya terbatas bisa menggunakan trik yang satu ini yaitu dengan menempatkan aquarium  di tempat terkena matahari secara langsung.



    2.       Ikan Arwana Cross Black Golden


arwana
Ikan Arwana Cross Black
          Ikan jenis ini namanya agak sulit untuk disebutkan dan Malaysia adalah daerah asalnya.  Ikan ini sebenarnya masuk dalam kelompok  golden yang berwarna kuning emas. Selain nama diatas ada juga orang yang lebih suka menyebut ikan jenis ini dengan nama x back, nama itu diambil dari bentuk ring yang ada pada ikan.


Ikan arwana cross black sangat lincah didalam air dan dapat menari-nari dengan sangat gemulai. Warna emas yang dimilikinya terkesan mewah dan saat terkena cahaya lampu terlihat semakin elegan. Bentuk ring yang ada pada sisiknya mempertajam warna emasnya, sungguh ikan hias yang sangat indah.

 

    3.      Ikan Arwana Golden Red


arwana
Ikan Arwana Golden Red
         Ikan ini merupakan ikan lokal yang berasal dari Indonesia  atau lebih tepatnya di pulau Sumatra provinsi Pekan Baru Riau Jika diperhatikan ikan ini cukup galak dibadingkan dengan ikan dari malaysia diatas.

         Selain agresifitasnya ikan ini juga memiliki ukuran badan yang lebih  besar  black golden.  Ikan arwana golden red  ternyata memiliki warna dasar yang sama dengan ikan  x cross black golden yang berasal dari malaysia. Sangat disayangkan ikan ini tidak bisa memiliki warna full yang dimaksud adalah warna tidak bisa mencapai punggungnya saja. Tapi  warna yang dimiliki oleh ikan ini hanya mampu di sisik ke-4 saja.

          Kekurangan fisik inilah yang membuat harga arwana golden red tidak semahal ikan super red, meskipun demikian  ikan ini tetap tergolong ikan  primadona dimata pecinta ikan hias.

    4.     Ikan Arwana Silver


arwana
Ikan Arwana Silver
         Mungkin ikan inilah yang sering kita lihat  berada dalam aquarium teman-teman kita.  Harga yang terjangkau adalah alasan utama kenapa ikan ini banyak dibeli oleh orang. Tapi jangan salah meskipun harganya murah tetapi keindahannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

         Meskipun bukan ikan asli Indonesia tetapi ikan ini bisa tumbuh dengan baik di Indonesia dan ada banyak sekali orang yang telah membudidayakannya.  Diantara semua jenis ikan arwana yang ini adalah ikan dengan bentuk yang paling berbeda dengan yang lainnya.

         Ukuran tubuh panjang  dan ramping serta bentuk sirip yang juga panjang . Siripnya berdiri tegak mulai dari ekor hingga pertengahan badan dan terlihat begitu indah saat bergoyang.  60 cm adalah panjang maksimal yang pernah dicatat.

     5. Ikan Arwana banjar


arwana
Ikan Arwana Banjar
          Jika ikan arwana kebanyakan memiliki mulut yang pipih, ikan ini justru memiliki mulut yang bulat bahkan kepalanya pun terlihat bulat juga.  Dikarenakan warnanya yang merah secara keseluruhan membuatnya pantas dimasukkan kedalam kelompok super red tingkat dua.

          Sirip dan ekor  arwana banjar adalah berwarna kuning, tetapi warna kuning yang ada pada sirip terlihat lebih pucat.  Jika tidak diperhatikan dengan seksama maka ikan ini akan tampak seperti memiliki warna merah muda dan bukan merah.

      6. Ikan Arwana Papua


arwana
Ikan Arwana Papua
           Mungkin kita tidak menyangka bahwa ikan arwana papua ternyata bukan ikan asli papua melainkan ikan yang berasal dari Benua Australia.  Jika anda ingin mencari ikan ini di alam maka anda bisa berkunjung di kabupaten Merauke dan Papua.

         Dikarenakan ikan ini juga ditemukan di Papua membuat orang-orang juga menyebutkan bahwa ikan ini adalah ikan Papua. Ikan papua ini memiliki dua macam warna. Warna yang pertama adalah warna yang kurang terang dan terlihat pucat sedangkan warna yang satunya lagi adalah warna yang terlihat terang dan mengkilap.

          Jardini adalah nama yang diberikan untuk ikan arwana yang memiliki warna dasar yang  cenderung gelap. Sedangkan Leichharti adalah nama yang diberikan untuk ikan dengan warna dasar yang terang.  Ikan Jardini memiliki warna dasar yang cukup berbeda dengan yang lainnya yaitu kecoklatan dengan tambahan titik-titik berwarna emas di seluruh bagian tubuhnya.


7. Ikan Arwana Hijau


         
arwana
Ikan Arwana Hijau
Penyebaran ikan arwana hijau ini cukup luas meliputi Kalimantan yang berada di negara Indonesia dan juga negara tetangga seperti negara Malaysia, negara Thai, dan negara terakhir adalah Kamboja.
Sesuai dengan namanya ikan ini memang memiliki warna hijau baik di kepala, sisik , sirip dan ekor.

          Tapi warna hijau yang ada pada siripnya  agak pudar seperti abu rokok.  Sepertinya ikan ini suka makan, terliat dari ukuran mulutnya yang lebih besar dari jenis lainnya. Tapi sayangnya ikan ini tidak memiliki ring seperti ikan arwana lainnya tapi warna hijau yang dimilikinya sudah cukup membuktikan kecantikan dari ikan ini. 

    8.      Ikan Arwana Black Golden


              
arwana
Ikan Black golden
Black Golden hanya terdapat di Negara Malaysia dan masih tergolong kelompok golden. Warna dasarnya adalah kuning keemasan tapi warna sisiknya berwarna hitam dan jadilah namanya black golden.Warna ini sangat langka dan sulit untuk ditemukan dan ini menjadikan harganya melejit tinggi melewati harga ikan sejenis.


    9.       Ikan Arwana Afrika

            Benua Afrika ada yang berasal dari daerak Gambia, ikan yang sama juga ditemukan di daerah Kamerun, dan masyarakat yang tinggal di Senegal juga pernah menangkap ikan ini. Mungkin ikan ini adalah kembaran dari ikan arwana silver yang berasal dari Brazil.
Sesuai dengan namanya ikan ini memang berasal dari

          Mereka berdua sungguh memiliki ciri-ciri yang sama bahkan warna mereka juga sama  dan dari semua kesamaan itu hanya ada satu saja perbedaan yaitu arwana silver memiliki ukuran kepala lebih besar.

    10. Ikan Arwana Raksasa.


   
ikan arwana raksasa
Ikan Arwana Raksasa
Ikan raksasa ini diberi nama arwana arapaima gigas, panjang tubuhnya sekitar 3 meter sedangkan beratnya sekitar 200 kg. ikan raksasa ini tidak bernapas dengan insang seperti ikan kebanyakan, tapi ia bernapas seperti ikan paus yaitu dengan menggunakan paru-paru. Untuk ikan yang berlum dewasa bisa menahan napas selama 5 menit didalam air. Sedangkan untuk ikan dewasa bisa menahan lapas hingga 20 menit lamanya didalam air.

          Habitatnya adalah disungai Amazon dan sisana ikan ini sering diburu masyarakat untuk dikonsumsi hingga akhirnya populasinya tinggal sedikit. Pada akhirnya pemerintah memberlakukan larangan untuk menangkap ikan air tawar paling besar didunia ini, dan siapa yang melanggar pasti akan ditahan oleh polisi. Demikianlah artikel singkat tentang jenis-jenis ikan arwana, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

2 komentar:

  1. Winning303 1 User ID untuk Semua Permainan

    Winning303 adalah salah satu situs judi online yang terbaik yang memberikan kemudahan dan akses yang bisa anda dapatkan hanya dengan bergabung bersama kami. Untuk anda yang selama ini bosan dengan mengganti-ganti aku setiap mau berganti permainan, Sekarang bisa Join Kami di Winning303 dan nikmati semua permainan seperti :
    - SPORT
    - LIVE CASINO
    - SLOTS
    - TOGEL
    - POKER
    - SABUNG AYAM
    Hubungi kami di :
    WA : +6281717177303
    atau langsung di Livechat kami ya bosku, Terimakasih

    >>>Daftar<<<

    Winning303

    BalasHapus