Rabu, 18 Januari 2017

Belut Sawah yang Enak



Ditulis Oleh Suryadi
 
belut
Gambar Belut
Belut sawah merupakan belut yang paling banyak dibudidayakan, meskipun bentuknya mirip dengan ular tapi sebenarnya bukan ular melainkan ikan dan masuk dalam anggota Synbranchidae yang memiliki arti ikan belut. Ikan ini memiliki peranan penting dalam jajaran rantai makanan selain itu juga bisa menambah isi dompet kita dengan cara budidaya tentunya. Belut dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak dan sedaap, cara masaknya pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, misalnya saja digoreng atau bila suka anda bisa memasaknya asam manis.

Tapi bila sudah jadi masakannya jangan lupa bagi-bagi dengan saya ya... Ikan yang satu ini bisa digunakan untuk mendeteksi pencemaran lo, tapi gimana caranya? Caranya sederhana ko, kita tinggal lihat saja apakah lingkungan sekitar kita ada terdapat belut apa tidak? Jika ada berarti lingkungan kita masih ok dan bila jumlahnya banyak maka artinya lingkungan kita masih ok bangeeeeeet. Sebaliknya bila kita tidak menemukan satupun belut dilingkungan kita berarti pencemaran yang terjadi sudah sangat parah sekali. Meskipun kita beli dipasar dan melepasnya dilingkungan, percuma lingkungan yang tercemar akan membuatnya mati.  

Meskipun disebut belut sawah, tapi mereka juga berada di daerah rawa dan tempat berair lainya. Predator yang satu ini suka makan cacing seperti ikan dan bisa dinilai ia adalah predator yang rakus karena sudah makan cacing yang merupakan makanan ikan, eeeeh ia malah makan ikannya sekalian aduh duh duh rakus sekali sih.  Ikan ini keluar pada malam hari, jadi pesan untuk para ikan jangan keluar malam-malam ya nanti bisa disergap oleh belut yang sedang kelaparan.

 Meskipun masuk kategori ikan tapi ia sebenarnya tidak bernapas dengan insang seperti ikan kebanyakan melainkan langsung menggunakan hidungnya dan menghirup udara kemudian kembali kedalam air. Tahukah anda bahwa ikan yang satu ini bisa hidup tanpa air dalam waktu lama tapi dengan syarat tempatnya hidup tetap lembab dan tidak terlalu panas. Bila ikan jenis lainnya akan mati tanpa air karena mereka tidak bisa bernafas tanpa air, maka belut bisa tetap bertahan hidup dengan cara menyerap oksigen untuk bernafas melalui kulitnya, dengan begini ia akan tetap bisa bertahan hidup meskipun tanpa air.

Jika musim kemarau tiba dan persediaan air mulai menipis atau bahkan habis, belut akan melindungi dirinya dengan cara bersembunyi di dalam lubang sarangnya sambil menunggu datangnya air kembali. Meskipun habitatnya berasal dari wilayah tropis namun belut memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa, walaupun ditempatkan ditempat yang memiliki suhu yang dingin ikan ini tetap bisa bertahan hidup.  Dikarenakan daya hidup yang tinggi inilah membuat perannya dalam rantai makanan menjadi sangat penting. Kehadiran predator ini sangat ditakuti oleh para mangsanya karena fisatnya yang mampu bertahan di berbagai kondisi.

Panjang maksimal yang pernah diukur mencapai 1 meter, namun untuk belut yang dibudidayakan biasanya sudah dipanen ketika memiliki panjang sekitar 40 cm maka belut sudah bisa dijual. Ciri-cirinya tidak memiliki sirip dibagian atas punggungnya dan dibagian perutya pun tidak ditemukan sirip, sirip hanya tumbuh dibagian ekornya saja itupun hanya sedikit. Tubuhnya berbentuk seperti ular namun tidak memiliki sisik dan sangat licin bila dipegang karena belut mengeluarkan lendir dari proses metabolismenya. Warna tubuhnya  ada bebepara ada yang berwarna coklat ada juga yang berwarna kelabu tapi pada umumnya ikan ini berwarna gelap.

Reproduksi Belut


belut
foto belut
Belut adalah Hermaprodit yang artinya bisa berubah jenis kelaminnya. Ketika hendak melahirkan telurnya ia akan menuju sarangnya setelah sampai ia akan mulai bertelur, telur tersebut jumlahnya banyak dan ditempatkan diantara busa air. Kebanyakan telurnya ditempatkan di dalam air yang tenang sehingga tidak hanyut terseret arus air. Untuk menjaga telurnya dari bahaya ikan ini memilih air yang tidak terlalu dalam.  

Setelah melewati beberapa waktu, tibalah saatnya dimana telur-telur tersebut menetas. Saat semuanya telah menetas ada keistimewaan yang terjadi pada anak-anak belut, keistimewaan tersebut adalah semua anaknya berjenis kelamin betina dan tidak ada satupun yang jantan. Inilah perbedaan ikan ini dengan ikan lainnya, setelah berusia lebih tua beberapa betina tersebut akan berubah menjadi jantan dan alur hidup ini akan terulang kembali.

Habitat Belut


Habitat asli nya berasala dari daerah Asia bagian Timur dan Tenggara namun penyebarannya dewasa ini lebih luas bahkan telah mencapai Benua Amerika. Bahkan ikan ini juga ditemukan di Hawaii yang notabennya berada ditengah-tengah samudera pasifik. Bila dipikir-pikir bagaimana caranya belut bisa menyeberangi luasnya samudera? Bila anda tahu jawabannya silahkan tuliskan dikolom komentar. Demikianlah artikel singkat tentang belut sawah yang enak, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.


1 komentar: