Selasa, 31 Januari 2017

Berang-Berang Hewan Mirip Musang



Ditulis Oleh Suryadi
 
Gambar Berang-berang
Berang-berang suka memakan ikan dan untuk bisa menangkap ikan tentunya ia harus bisa berenang, karenanya hewan ini seering disebut hewan semi-akuatik karena bisa berjalan ditanah dan berenang diair. Hewan ini sendiri tergabung dalam suku yang disebut Lutrinae.  Berang-berang dibagi menjadi 13 spesies dan semua spesies itu dimasukkan kedalam 7 Genus untuk memudahkan dalam membedakan satu sama lain.  Hewan ini menghuni semua benua kecuali Benua Australia dan sampai saat ini belum ditemukan satupun disana. Hewan karnivora ini suka memakan ikan dan hewan kecil air lainnya. Selain hewan air berang-berang juga suka makanan yang ada didarat seperti burung, katak dan beberapa hewan kecil lainnya.  

Morfologi Berang-berang

berang-berang
Gambar Berang-berang
Bentuk fisiknya tampak seperti musang tetapi mereka bukanlah musang. Bila dibandingkan bentuk tungkainya tidak lebih panjang dari musang dan dilengkapi dengan cakar, cakar-cakar ini dilengkapi pula dengan selaput yang biasa digunakannya untuk berenang didalam air. Pada berang-berang laut memiliki ekor yang lebih panjang dan kuat bila dibandingkan dengan hewan biasa.

Ada dua lapiasn bulu yang melekat ditubuh berang-berang dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Bulu bagian luar memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan bulu bagian dalam berstruktur keras dan kaku. Sedangkan bulu bagian dalam berbentuk lebih halus dan tidak kaku. Bulu halus inilah yang berfungsi menyimpan udara dan kedap air sehingga memudahkan hewan ini untuk berenang. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat didalam air yang dingin, berkat bulu halus itu juga lah membuat kulitnya tetap kering meskipun sedang berenang.

Tidak sedikit berang-berang yang menempati wilayah dingin, apalagi suhu airnya pasti lebih dingin lagi. Dengan alasan itulah membuat berang-berang yang hidup disana mempunyai metabolisme yang cepat, metabolisme yang cepat inilah yang mampu mempertahankan suhu tubuhnya tetap stabil.

berang-berang
Foto Berang-berang
Kebutuhan konsumsi berang-berang ternyata tidak sama untuk berang-berang utara hanya membutuhkan sekitar 15 % dari total berat badannya. Sedangkan untuk berang-berang laut membutuhkan konsumsi makanan yang lebih banyak yaitu 25 % dari total berat badannya, sebenarnya kebutuhan konsumsi ini dipengaruhi oleh keadaan lingkungan semakin ekstrim lingkungan maka akan semakin banyak kebutuhan konsumsinya begitu juga sebaliknya.

Suhu air yang dingin sekitar 10 derajat Celsius kebawah memaksa berang-berang untuk mencari makan hingga 1,2 kg daging dalam 12 jam untuk memenuhi kebutuhannya.  Rata-rata 4 jam dihabiskan oleh hewan ini untuk mencari makan. Tapi untuk berang-berang betina yang sudah mempunyai anak tentu memerlukan lebih banyak ikan untuk konsumsi anaknya dan dirinya sendiri, sehingga lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan makanan tersebut.

Makanan favorit bagi kawanan berang-berang ini adalah ikan.  Namun jika populasi ikan sedang langka, biasanya berang-berang akan mengonsumsi hewan lainnya seperti katak, udang dan burung kecil. Hewan ini memiliki kemampuan khusus yaitu bisa membuka kerang yang sangat keras itu dengan sangat mudah. Beberapa jenis diantaranya bisa bergerak dengan sangat cepat dalam memburu kelinci dan unggas kecil.  Dikarenakan ketangkasan yang dimilikinya dalam berburu membuat populasi mangsanya semakin menurun.

Berang-berang adalah predator yang memiliki wilayah perburuan di darat dan didalam air, sangat lincah saat berburu didarat dan sangat gesit saat menyergap mangsa di air. -berang pada umumnya suka membuat sarang yang dekat dengan sungai atau danau, karena lebih mudah baginya untuk mencari makanan kesukaannya yaitu ikan yang ada dalam sungai atau danau. Meski suka makan ikan namun lebih banyak waktu yang dihabiskan didarat dari pada didalam air. Kejadian ini berbanding terbalik dengan berang-berang laut, meski sama-sama suka memakan ikan namun hanya sedikit waktu yang digunakan untuk berada didaratan.

Nama berang-berang terdiri dari dua kata berbahasa Inggris, kata tersebut adalah Otter dan Beaver. Kedua kata ini memiliki artinya masing-masing, Otter digunakan untuk menunjukkan berang-berang yang berjenis semi akuatik yang tersebar hingga seluruh penjuru dunia dan hanya Benua Australia saja yang tidak memiliki hewan ini. Kata satunya lagi memiliki arti pengerat namun bukan tikus tetapi agak mirip dengan tikus, mereka dapat hidup didarat dan diair. Populasinya terbatas hanya di dua benua saja, yaitu Benua Amerika dan Benua Eropa dan tidak ditemukan diwilayah lainnya.

berang-berang
Foto Berang-berang
Walaupun sama namun mereka berdua memiliki perbedaan yang cukup besar, otter dan beaver serupa tapi tidak sama mungkin ungkapan inilah yang cocok untuk menggambarkan kedua jenis berang-berang ini. Bahkan dalam klasifikasinya sudah dipisahkan mulai dari tingkatan ordo, hal ini menunjukkan perbedaan yang sangat jauh. Otter dimasukkan kedalam ordo hewan pemakan daging, setingkat dengan hewan pemakan daging lainnya  Berbeda dengan beaver yang tidak suka memakan daging, hewan ini lebih suka mengerat seperti yang rutin dilakukan oleh tikus.  

Bentuk tubuh kedua berang-berang ini sama tidak lantas membuat keduanya memiliki kebiasaan yang sama pula, mereka saling berbeda satu sama lainnya. Keistimewaan Beaver dibandingkan dengan Otter adalah ia mampu membuat sebuah bendungan yang mampu menahan aliran air, caranya sangat unik dan tidak mungkin bisa kita menirunya. Meskipun Otter tidak bisa membuat bendungan tidak lantas membuatnya pergi menjauhi air, ia akan membuat sarang berbentuk lubang yang berada ditepian sungai atau danau. Demikianlah artikel singkat tentang berang-berang hewan mirip dengan musang, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.


                                       Home I About Me I Contact Us I Privasi Policy I Sitemap

2 komentar:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di f@ns*p0ker || add pin black.berry 55F97BD0

    BalasHapus