Rabu, 10 Agustus 2016

Info Menarik Mengenai Biri-biri, Hewan Berbulu Lebat.



Ditulis Oleh Suryadi
biri-biri
Foto Biri-biri
Banyak orang mengatakan bahwa biri-biri dengan domba adalah hewan yang sama, ya hal itu memang benar adanya karena sebagian orang lebih suka menyebutnya biri-biri dan sebagian yang lain lebih suka menyebutnya dengan domba jadi pada intinya sama saja.

hewan ini mempunyai bulu yang panjang dan lebat serta menyelimuti hampir sebagian besar tubuhnya.

Kebanyakan warna bulu biri-biri berwarna putih, bukan putih abu-abu melainkan putih seperti salju.

Bulu-bulu lebat tersebut kemudian dicukur untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan benang wol, benang wol sendiri adalah salah satu bahan pembuat pakaian yang populer didunia.

Selain bulu lebatnya biri-biri juga menghasilkan daging yang enak dan susu yang sedap, jadi dengan memelihara 1 biri-biri akan mendapatkan 3 keuntungan sekaligus.

Salah satu alasan kenapa banyak peternak yang membesarkan hewan yang satu ini karena mereka tidak membutuhkan perawatan yang banyak hewan ternak lainnya.

Biri-biri berbulu tebal ini merupakan bagian dari jenis Caprinae , jenis Caprinae sendiri termasuk kedalam keluarga Bovidae.

Dulunya hewan ini adalah hewan liar yang banyak tersebar dikawasan Benua Eropa dan Benua Asia, meskipun sekarang sudah banyak yang memelihara hewan ini  namun hewan ini masih bisa kita jumpai di alam liar. Mari kita simak bersama-sama berbagai info menarik tentang biri-biri.

Kemampuan Mengingat Biri-biri Yang Mengagumkan.


Ingatan biri-biri tidak kalah bila dibandingkan dengan manusia dan hewan lainnya, hewan ini memiliki ingatan yang sangat kuat bahkan berada diatas rata-rata hewan kebanyakan.

Dalam satu tahun biri-biri dapat mengenali hingga 50 wajah yang berbeda, sehingga hewan ini tahu bagaimana membedakan majikannya dengan orang biasa.

Bila dilihat lebih seksama kemampuan ini hampir sama dengan kemampuan manusia dalam mengenali wajah seseorang.


Biri-biri Dapat Menggerakkan Telinganya


Keistimewaan biri-biri yang satu ini mungkin tidak dimiliki oleh hewan kebanyakan, hewan ini menggerakkan telinganya sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan kawanannya.
Misalkan dalam kondisi tertentu ia akan menggerakkan telinga kearah sini dan pada kondisi yang lain akan menggerakkan telinganya kearah yang lainnya.

Bila anda memelihara biri-biri tentu anda akan tahu apa arti dari setiap gerakan telinganya, sehingga dapat memberikan perlakuan yang tepat.

 Biri-biri Menjadi Salah Satu hewan Ternak Terpopuler.



biri-biri
Gambar Biri-biri

Dikarenakan bisa mendapatkan 3 keuntungan sekaligus membuat biri-biri menjadi salah satu hewan ternak yang banyak diminati.

Perawatan yang dibutuhkan untuk merawat hewan ini tidak sebanyak dan serumit untuk merawat hewan lainnya, karena itu banyak yang menyukainya.

Mungkin bila kita memelihata bebek atau hewan lainnya pernah terjadi konflik dalam satu kandang namun hal itu tidak terjadi pada hewan ini, karena mereka hewan yang akur satu sama lain.

Ditambah lagi dengan daya ingatnya yang luar biasa membuat mereka dapat mengatasi masalah dengan cara perdamaian, sehingga mereka dapat hidup berdampingan tanpa ada konflik.

Bila dalam satu kandang terdapat beberapa hewan berbeda  dan sedang  terjadi konflik biasanya biri-biri yang memiliki naluri untuk melerai mereka.

Biri-biri Dapat Merawat Dirinya Tanpa  Bantuan Manusia.


Biri-biri adalah hewan yang mandiri dan tidak suka bergantung pada hewan lainnya. Layaknya seorang dokter yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri, hewan ini  bisa melakukan hal yang sama sebagai upaya untuk menyembuhkan penyakitnya.

Ketika merasa sakit hewan ini  akan mencari tanaman obat tertentu yang cocok dengan sakit yang ia derita, dan dalam tempo yang tidak terlalu lama hewan ini pun sudah sehat seperti sedia kala.

Inilah alasan kenapa perawatan biri-biri lebih mudah dibandingkan dengan hewan lainnya.

Biri-biri Dapat Mengenali Anaknya Dengan Baik


Layaknya manusia yang dapat membedakan anak kandungnya dan anak kandung orang lain, Biri-biri juga memiliki kemampuan itu sehingga tidak akan terjadi anak yang tertukar.

Meskipun  anaknya sedang bermain dengan anak lainnya dan meskipun dari kejauhan, biri-biri tetap bisa mengetahui yang mana anaknya. Keampuan khusus ini sangat membantu  hewan ini  agar tidak salah dalam menyusui anaknya.

Bagaimana cara biri-biri mengenali anaknya hanya ia sendiri yang tahu caranya, sama seperti seorang ibu yang bisa mengetahui dimana anaknya bahkan dari kejauhan.

Tinggi Badan Biri-biri


Tinggi hewan ini sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti contoh biri-biri yang hidup dipenangkaran  memiliki tinggi yang tidak seberapa.

Tapi berbeda cerita dengan biri-biri yang tinggal di alam liar, mereka tinggi-tinggi bahkan bisa mencapai  tinggi hingga

Biri-biri liar biasanya hidup tidak jauh dari padang rumput karena rumput adalah makanan alami bagi mereka, dengan begitu maka akan memudahkan mereka untuk mencari makan.


Warna Daging Biri-biri


Warna daging Biri-biri adalah merah, warna merah ini dipengaruhi oleh kandungan zat besi yang banyak terdapat didalamnya. Seperti yang kita tahu bahwa zat besi sangat baik bagi tubuh kita terutama bagi anak-anak. 

Plasenta Biri-biri Bisa Dimanfaatkan


Selain bulunya yang bisa digunakan digunakan untuk pakaian dan daging serta susunya yang baik untuk dikonsumsi ternyata ada bagian lainnya yang juga bermanfaat.
Bagian tersebut adalah plasenta, mungkin anda bertanya-tanya untuk apa plasenta biri-biri.

Plasenta biri-biri merupakan bahan yang baik untuk digunakan sebagai lulur, lulur ini biasa digunakan dalam salon kecantikan.
Dikarenakan oleh khasiatnya yang banyak seperti menghaluskan dan mengencangkan kulit membuat banyak wanita yang menggemari jenis lulur yang satu ini.

Fungsi lainnya dari lulur ini sebenarnya sangat banyak, misalnya saja mencegah penuaan dini  sehingga kulit wanita menjadi awet muda dan terlihat lebih muda dari umur aslinya.

hewan ini  menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin memelihara hewan untuk dibudididayakan karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Demikianlah artikel singkat tentang info menarik mengenai biri-biri hewan berbulu lebat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar