Rabu, 17 Agustus 2016

Info Menarik Tentang Bintang Laut




Ditulis Oleh Suryadi 

bintang laut
Foto Bintang Laut
Salah satu penghuni lautan ini merupakan bintangnya lautan karenanya diberi nama bintang laut, tapi dalam bahasa Inggris hewan ini diberi nama dengan starfish. Mengapa dinamakan demikian padahal secara kasat mata bintang laut tidak seperti ikan dan secara biologi pun hewan ini bukan termasuk kedalam jenis ikan, jadi kenapa dinamakan ikan bintang? Tahu jawabannya! Silahkan tulis dikolom komentar.   

Hewan ini tidak memiliki sirip seperti ikan kebanyakan dan tidak memiliki insang yang merupakan ciri-ciri utama ikan, jadi termasuk apakah bintang laut. Hewan Invertebrata ini tergolong kedalam filum Echinodermata serta masuk kedalam kelas yang diberi nama Asteroida, jadi jelas berbeda dengan ikan. Bentuk fisiknya memang mudah dikenali yaitu memiliki 5 lengan yang menyatu dibagian tengah sehingga terlihat seperti bintang.  Meskipun kebanyakan dari kita tahu bahwa bintang laut memiliki 5 lengan namun ada jenis tertentu yang memiliki lebih dari 5 lengan.

Bintang laut juga tidak mempunyai sendi yang memungkinkan mereka bergerak bebas, mereka hanya memiliki kerangka yang berguna untuk menopang tubuhnya. Meskipun tidak mempunyai sendi untuk bergerak, bintang laut masih bisa bergerak dengan cara memanfaatkan aliran air sehingga ia bisa berpindah tempat. Mereka bahkan tidak menggerakkan lengan  untuk berpindah tempat melainkan menggunakan kaki tabung yang banyak terdapat di lengannya.

Setiap lengannya dipenuhi oleh kaki tabung dan kaki tabung inilah yang digunakan oleh bintang laut untuk mencari makanan. Cara kerja kaki tabung adalah dengan memompa air yang masuk kedalam kaki tabung. Pergerakan yang dihasilkan oleh kaki tabung tidak cepat  tapi cukup untuk digunakan mencari makanan.

Terdapat Info Menarik Tentang Bintang Laut.



bintang laut
Gambar Bintang Laut
Bintang laut memiliki banyak sekali spesies bahkan ribuan lebih jumlahnya.  Sekitar lebih dari dua ribu spesies yang mendiami lautan dan samudera diseluruh dunia Bintang laut ada yang mendiami perairan dingin dan ada juga yang berdomisili di perairan tropis dekat dengan garis katulistiwa.

Kebanyakan bintang laut mempunyai  5 lengan tapi tidak semuanya memiliki jumlah lengan yang sama.  Terdapat spesies tertentu  yang mempunyai lengan banyak misalnya saja bintang laut matahari dengan lebih dari 35 lengan dalam satu individu.

Panjang Bintang laut bervariasi mulai dari 12 cm dan ada juga yang memiliki ukuran 2 kali lipat yaitu 24 cm, untuk ukuran sebesar ini bisa mencapai berat sampai lima kg.

Salah satu keunikan Bintang laut adalah mereka mampu memotong salah satu lengannya sendiri dan lengan yang sudah dipotong tadi bisa tumbuh lagi. Tindakan ini dilakukan sebagai pengalih perhatian ketika mereka diserang.

Kronologisnya bila bintang laut merasa terancam dan terdesak maka mereka akan melepaskan satu lengannya sebagai umpan dan kemudian ia akan melepaskan diri dan lari sejauh mungkin. Setelah kejadian memilukan itu bintang laut membutuhkan sedikitnya 1 tahun hingga lengan barunya tumbuh dengan sempurna.
Kulitnya bertekstur keras dan ditumbuhi banyak duri yang tajam, dengan struktur tubuh seperti itu akan mengurangi predator yang memburu mereka. Tapi ada juga yang memiliki kulit yang lunak dengan sedikit duri.

Kalsium karbonat adalah penyusun dari tubuh bagian atasnya sehingga menjadi keras dan dilengkapi dengan duri pelindung.  Dikarenakan kulitnya yang sekeras cangkang ditambah lagi dengan duri yang tajam membuat banyak predator mengurungkan diri untuk memangsa mereka.

Bintang laut tidak mempunyai kepala dan kontrol tubuhnya dilakukan langsung oleh sistem saraf. Saraf-saraf ini merasakan aliran air untuk mengetahui keadaan sekitarnya.  Terdapat saringan lempeng yang berguna untuk mengirim air yang kemudian dideteksi oleh saraf yang tersebar merata  diseluruh tubuhnya.
Kaki tabung adalah satu-satunya alat  bagi bintang laut.   Memiliki fungsi untuk mendorong air sehingga  dapat menggerakkan tubuhnya, setiap lengan dikelilingi oleh  puluhan hingga ratusan kaki tabung. Selain bisa mendorong air kaki tabung ini juga bisa digunakan untuk menghisap mangsanya sehingga tidak bisa kabur dan mudah untuk dimakan.

Fungsi ganda dimiliki oleh kaki tabung ini karena juga berperan dalam proses memperpanjang lengan . Setelah memperpanjang lengan otot pada kaki Bintang laut itu juga bertanggung jawab untuk mengembalikan ukuran lengan seperti sedia kala.

Walaupun hewan ini tidak bisa bergerak cepat, namun dengan bantuan arus air yang kuat membuat bintang laut bisa bergerak dengan cepat. Dengan memanfaatkan arus air dapat bergerak dengan cepat tapi untuk bisa mengontrol diri mereka hanya mengikuti arus tanpa mengapung yaitu dengan cara merayap.   Keberadaan mereka adalah diperairan berpasir atau pada terumbukarang yang lebat.

Sama seperti ikan bintang laut juga makan dengan menggunakan mulut, tapi bedanya bila ikan memiliki mulut di kepalanya sedangkan mulut bintang laut terletak di luar perutnya.  Posisi perut yang berada dibagian bawah badannya ini membuat bintang laut seolah-olah tidak mempunyai mulut bila dilihat dari atas.  Biasanya bintang laut akan menaiki mangsanya dan kemudian mencengkram dengan menggunakan kaki tabungnya setelah itu dengan menggunakan mulut ia membuat mangsanya seperti tiram tidak berdaya

Makanan Bintang Laut


 
Bintang laut memakan semua hewan kecil yang berkeliaran didasar laut seperti  bulu babi dan keong laut, dikarenakan perutnya ada dibagian tengah dari badannya dan berada tepat dibelakang mulutnya maka setelah memakan makanannya maka akan langsung dicerna.

Ukuran perut bintang laut itu kecil namun karena elastis maka bisa menampung banyak makanan yang jauh lebih besar daripada ukuran perutnya semula.

Bila dilihat sepintas hewan ini seperti tidak memiliki mata namun sebenarnya  ia memiliki mata dan terdapat disetiap lengan, jadi totalnya ada  lima tempat.  Bentuk matanya pun sedikit berbeda dengan hewan kebanyakan karena hanya berbentuk seperti titik merah saja.  Kemampuan melihat mereka tidak sebaik  manusia dan hanya bisa digunakan untuk mengetahui tempat disekitarnya terang atau gelap.

tercatat bisa memiliki umur hingga 35 tahun, umur yang sangat panjang.  Bintang laut memiliki bentuk badan yang unik dan menyerupai bentuk bintang karenanya diberi nama bintang dari laut atau bintang laut. Hewan ini juga bagus untuk menambah koleksi di akuarium, anda juga bisa membawanya sebagai hadiah untuk sahabat ketika baru pulang liburan dari pantai. Demikianlah artikel singkat tentang info menarik mengenai bintang laut, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung ...


1 komentar:

  1. Thanks for info ya
    Jangan lupa kunjungi website kami juga http://bit.ly/2o9Kvb9

    BalasHapus