Rabu, 03 Agustus 2016

Info Menarik Mengenai Bison.




Ditulis Oleh Suryadi
bison
Foto Bison
Bison merupakan anggota keluarga Bovidae dan tinggal di Benua Amerika dan Benua Eropa, mereka bisa ditemukan didataran yang banyak rumputnya. Karakter hewan ini seperti banteng yang kuat dan perkasa, untuk lebih mendalami tentang hewan ini mari kita pelajari serba-serbi mengenai bison bertanduk ini.
Bentuk tubuh bagian depan terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan tubuh bagian belakang. Bentuk kakinya lebih besar namun dadanya terlihat lebih besar sehingga kakinya terlihat kecil. Ditambah lagi bentuk bahu yang melebar membuatnya terlihat besar dan punuk yang membuat bagian depan dari bison terlihat tinggi.  Belum lagi bulu tebal yang menempel pada dada dan punggungnya menambah kesan besar pada tubuh bagian depan.

Dibenua Eropa, bison  mempunyai nama khusus dan nama tersebut adalah kaisar hutan. Nama kaisar hutan yang diberikan kepadanya menunjukkan kekuatannya yang luar biasa. Banyak hewan yang enggan mempunyai masalah dengan hewan ini, dengan berat badan mencapai sembilan ratus kg ditambah tinggi badan 2 meter dari tanah membuat bison benar-benar disegani oleh penghuni hutan.

Pada tahun 1600 an bison pernah berada dalam keadaan kritis, dan untungnya ada gerakan untuk menyelamatkan mereka. Salah satu gerakan untuk menyelamatkan bison yang terkenal datang dari penguasa Polandia yang mengeluarkan aturan yang tegas untuk melindungi bison, bagi yang melanggar maka dianggap dengan kejahatan luar biasa dan dihukum mati oleh  prajurit kerajaan.

Bison tidak takut hidup sendirian, namun mereka juga bisa membentuk kelompok kecil. Kelompok kecil ini memiliki peran yang sangat penting agar mereka tidak merasa kesepian. Dalam membentuk kelompok hewan ini pun memiliki aturan yaitu kelompok jantan hanya berisi anggota jantan dan begitu sebaliknya. Ketika memasuki musim kawin barulah bison akan mencari pasangan masing-masing.

Seperti kerabatnya banteng hewan ini pun saat lahir tidak memiliki tanduk, barulah ketika dewasa tanduk akan muncul secara bertahap. Di alam liar bison bisa mencapai umur 20 an keadaan alam yang membuat mereka sulit hidup lebih dari umur ini.

Bison menyukai tempat yang lapang dengan  rumput yang melimpah, dibandingkan dengan hutan rimba dengan banyak semak dan tumbuhan berduri hewan ini tidak menyukainya. Selain tempat diatas mereka juga bisa menempati daerah pinggiran sungai tentunya dengan rerumputan yang banyak bukan pinggiran sungai yang berpasir atau berbatu. Di Benua Eropa Bison memiliki areal penyebaran yang cukup merata dan menempati berbagai negara seperti Polandia, Rusia dan negara Eropa lainnya.

Fungsi utama dari tanduk bison adalah untuk melindungi dirinya dari serangan predator, selain itu tanduk ini juga berguna untuk mempertahankan daerah tutorialnya. Tanduk ini hanya tumbuh ketika usia menakjak dewasa dan semakin lama tanduk ini semakin besar ukurannya dan dapat mencapai ukuran 61 cm dihitung dari ujung hingga pangkal.

Ketika musim kawin tiba maka pertunjukan kekuatan pun dimulai, pertunjukan ini dilakukan oleh pejantan-pejantan yang perkasa.   Para bison jantan saling bertarung untuk memperebutkan sang betina idamannya, hanya pejantan yang menang saja yang  akan mendapatkan betina pilihan. Pertarungan sengit  dengan cara saling seruduk dengan menggunakan tanduk memang sangat berbahaya. Meskipun demikian mereka dapat menerima kekalahan dengan lapang dada sehingga jarang terjadi  luka yang parah atau korban jiwa.

Reproduksi Bison



bison
Gambar Bison
Hewan yang satu ini jarang melahirkan anak kembar, kebanyakan dari mereka hanya melahirkan 1 anak saja. 9 bulan lamanya induk bison mengandung anaknya, setelah itu barulah anak mereka akan lahir kedunia ini. Sebagai pasangan yang baik sang jantan tidak meninggalkan betina sendirian ketika sedang mengandung anaknya, penjantan tersebut akan terus berada disamping untuk melindungi betina dan calon anaknya.

Sama seperti hewan herbivora lainnya bison juga hanya memakan tumbuhan seperti rumput dan daun-daunan  yang banyak tersebar di hutan.

Bison Tergolong hewan diurnal (segala aktivitas dilakukan pada siang hari) Segala bentuk  kegiatannya dilakukan pada siang hari mulai dari makan hingga bermigrasi semuanya tanpa terkecuali.  Ketika hari mulai gelap mereka akan mencari tempat yang aman untuk beristirahat semalaman, aktivitas baru dilakukan bison keesokan harinya  ketika fajar sudah terlihat.

Bulunya yang panjang dan lebat sering dihuni oleh kutu, dan kutu ini sangat mengganggu nya sehingga harus dibersihkan. Akan tetapi masalah muncul karena bison tidak bisa menggunakan tangannya untuk membersihkan kutu-kutu tersebut, ekornya pun tidak bisa menjangkaunya. Untunglah ada burung-burung yang bersedia membantunya untuk memakan kutu tersebut. Burung menjadi kenyang karena mendapatkan makanan gratis dan bison senang karena kutunya hilang, hubungan simbiosis ini masih terjalin dengan baik hingga saat ini.

Bison memiliki darah panas dan darah panas ini membuatnya bergerak lebih banyak dibandingkan  lainnya, segala aktivitas juga lebih cepat diselesaikan akibat dari energi panas yang ia terima.  Ketika suhu udara turun secara drastis karena perubahan cuaca, hewan ini akan bertahan dengan memanfaatkan lapisan lemaknya yang tebal diikuti dengan  suhu darah bison yang juga beranjak naik untuk menghangatkan tubuhnya.

Jika melihat ukuran badannya yang besar , sepertinya hewan ini tidak bisa berlari dengan kencang, tapi kenyataannya bison mampu berlari dengan kecepatan tinggi. Kecepatan maksimal yang pernah dicapai oleh hewan ini adalah 65 kilometer per jam.  Meskipun  tidak secepat cheetah tapi dengan berat badannya itu akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa, jika ia bisa mengenai singa atau predator lainnya maka akan menimbulkan luka yang sangat parah.  Meskipun begitu ia tetap harus waspada karena kesalahan sedikit saja bisa membuat nyawanya melayang. Demikianlah artikel singkat tentang info menarik mengenai bison, Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar