Rabu, 24 Agustus 2016

Khasiat Daging Biawak Bagi Kesehatan


Ditulis Oleh Suryadi


biawak
Foto Biawak
Biawak termasuk kedalam hewan karnivora karena mereka suka makan daging dan tidak suka makan tumbuhan. Reptil yang satu ini terbilang unik, meskipun tergolong predator tapi mereka tidak berbahaya bagi manusia. Reptil ini tinggal disekitar kita terutama didaerah pedesaan yang banyak sawahnya, selain disawah mereka juga bisa kita temui didalam hutan dan rawa-rawa.  

 
Banyak orang yang percaya bahwa dengan mengonsumsi daging biawak dapat memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Daging biawak bila dikonsumsi oleh pria dipercaya dapat menambah keperkasaannya sedangkan bila dikonsumsi oleh wanita dipercaya dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit.
 
Saat ini dikota-kota besar di Indonesia telah ada warung makan yang menyediakan menu biawak, jadi anda tidak perlu bersusah payah berburu biawak bila hanya ingin mengetahui rasa dagingnya, anda tinggal mendatangi warung makan yang menyediakan menu tersebut dan membawanya pulang kerumah, jika mau dimakan ditempat juga boleh. Bila anda pandai memasak daging anda bisa juga membeli daging mentahnya saja untuk kemudian dimasak sendiri dirumah. 

Sama seperti daging sapi, daging biawak juga bisa dimasak menjadi berbagai macam masakan yang seperti sate, rendang dan masakan daging lainnya. Banyak kepercayaan yang beredar dimasyarakat mengenai daging biawak mulai dari khasiatnya untuk kecantikan hingga manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, namun itu semua kembali kepada diri kita masing-masing  bagaimana cara kita menyikapinya. Berikut beberapa khasiat daging biawak yang beredar dimasyarakat:

Khasiat Daging Biawak Untuk Mengobati Gatal.


Daging biawak dipercaya dapat mengobati penyakit gatal, caranya bukan dimakan mentah melainkan dimasak dulu, untuk menghilangkan aroma amisnya anda bisa menambahkan nanas. Menurut kepercayaan setelah memakan daging biawak maka rasa gatal akan berangsur-angsur menghilang. Tapi hati-hati bila anda mempunyai riwayat alergi, ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya. Dagingnya memang sedikit amis jadi  selain menambahkan nanas anda bisa memasaknya dengan cara dipanggang atau disate dengan begitu diharapkan aroma amisnya akan menghilang.

Khasiat Daging Biawak Untuk Mengobati Sesak Napas


Bila anda mempunyai penyakit sesak napas yang telah lama diobati kesana kemari tidak kunjung sembuh juga, maka sudah waktunya anda mencoba cara alternatif ini . Karena menurut pengakuan beberapa orang yang memiliki penyakit asma menyatakan bahwa setelah mengonsumsi daging biawak maka pernapasan mereka menjadi lebih baik .


Khasiat Daging Biawak Untuk Melembutkan Kulit


Ini dia yang banyak dicari oleh kaum hawa, bagaimana cara membuat kulit menjadi lebut bagaikan sutra. Bagaimana menurut anda? Bila anda percaya bahwa daging biawak dapat membuat kulit anda menjadi mulus maka silahkan anda mengonsumsi daging ini dan lihat perubahannya. Tapi jika anda tidak percaya, anda bisa menggunakan cara lainnya untuk mendapatkan kulit yang mulus. Tapi ingat jangan menggunakan bahan kimia ya, bukannya mulus malah bisa kena kanker kulit.

 

Khasiat Daging Biawak Untuk Meningkatkan Sistem Imun.


biawak
Gambar Biawak
Sistem imun sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, karena tanpa disadari sebenarnya tubuh kita ini sering diserang oleh bakteri dan virus. Setiap kali ada virus dan bakteri yang masuk dan menyerang tubuh, maka  sistem imun lah yang akan maju dan membasmi mereka. Dalam pertarungan ini bila sistem imun kalah maka kita akan mengalami sakit seperti demam, meriang, batuk atau sakit yang lainnya. Karenanya daging biawak dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh kita sehingga kita tidak mudah sakit.

Biawak bereproduksi dengan cara bertelur sama seperti kerabat jauhnya buaya yang juga bereproduksi dengan bertelur. Untuk bisa mengawini si betina dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, karena ia harus membuktikan kekuatannya dulu dengan mengalahkan si betina. Bila si betina menyerah barulah terjadi perkawinan, namun bila tidak maka si jantan akan pulang dengan membawa malu. Tahukah anda bahwa  biawak berkelahi berbeda dengan reptil kebanyakan yaitu dengan cara berdiri.  Ketika ingin bertarung mereka akan berdiri berhadapan dengan saling memukul satu sama lainnya, bila dilihat dari jauh mereka tidak terlihat seperti berkelahi namun malah terlihat seperti sedang menari diatas kedua kakinya dan keduanya terlihat sangat lucu.

Bila ayam mengerami untuk menghangatkan telurnya, berbeda dengan biawak yang menghangatkan telurnya dengan cara menimbunnya didalam pasir dan dicampur dengan dedaunan dan rerumputan bahkan beberapa dahan pohon yang kecil-kecil.  Suhu panas berasal dari kumpulan daun yang membusuk ditambah dengan sinar mentari  membuat suhu telur menjadi hangat, dan dalam periode tertentu akan menetas dengan sendirinya. Demikianlah artikel singkat tentang khasiat daging biawak bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar